RAJAWARTA : Untuk memastikan 1 Syawal 1440 H, Kementerian Agama (Kemenag) Sore hari ini berencana akan menggelar sidang Isbat. Sidang penentuan Hari Raya Idul Fitri ini dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifudin.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Sidang Isbat tersebut dikabarkan Agus Salim Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag kepada pewarta detik, hari ini.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Agus menjelaskan, sidang isbat yang melibat tokoh agama dari berbagai organisasi Islam ini rencananya mulai pukul 16.00 di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Meski pemerintah belum menentukan kepastian 1 Syawal 1440 H, namun Ormas terbesar kedua PP Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Syawal 1440 jatuh pada 5 Juni 2019. Dasar penetapan adalah hisab haqiqi dari Majelis tarjih dan tajdid PP Muhammadiyah.

Haidar Nashir kepada pewarta mengatakan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui majelis tarjih dan tajdid telah menetapkan bahwa 1 syawal 1440 hijriyah jatuh pada tanggal 5 Juni 2019,” katanya tiga hari lalu. (sbr/dtk/b5)