SURABAYA – Sejumlah relawan Jokowi-Makruf Amin yang tergabung dalam Komunitas Arek Blusukan (KareB) melakukan blusukan dan membagi-bagikan kaos nomor 01 di kampung warga keturunan Tionghoa, Pecinan Kapasan Dalam Surabaya, Minggu pagi (3/3/2019)

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Menariknya, tak sedikit warga kampung Pecinan yang langsung menempelkan striker bergambar pasangan Capres 01 di lingkungan kampung mereka. Mulai dari dinding, tiang listrik hingga rumah tetangga mereka.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Salahsatu tokoh masyarakat setempat bernama Gunawan mengatakan, jika kehadiran para relawan Jokowi Makruf membuat mereka tersanjung.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Kita seneng banget ada relawan yang peduli dengan kampung kami. Ternyata, meski kami keturunan Tionghoa keberadaan kami di Surabaya diperhatikan,” katanya saat menerima kaos dan stiker Capres 01.

Sambutan positif dari Gunawan dibuktikan dengan permintaan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa banner untuk dipasang di lingkungannya, yang keberadaan kampungnya sejak abad 17 itu.

“Kami pastikan mayoritas warga Kapasan mendukung Jokowi,” tegas lelaki yang mengaku turun temurun tinggal kampung Pecinan.

Siti Nasyi’ah selaku koordinator aksi mengatakan, dipilihnya kampung Pecinan terkait erat dengan sejarah keberadaan warga Tionghoa di Surabaya yang kerab terabaikan.

Padahal, kata Ita–panggilan akrabnya–kampung Kapasan memiliki peran besar dalam sejarah politik dan budaya di Indonesia.

“Era Hindia Belanda kampung Kapasan menjadi pusat perjuangan peranakan Tionghoa terbesar yang sulit ditaklukkan. Makanya kita ajak berjuang untuk memenangkan Capres 01,” ujar perempuan yang juga penulis buku tersebut.

Alhamdulillah, lanjutnya, para “buaya Kapasan” sangat bersemangat dalam mensosialisasikan Jokowi-Makruf Amin kepada seluruh warga kampung yang populer dengan gudangnya jago Kungfu agar bisa menang mutlak di TPS yang ada di kelurahan Kapasan.

“Darah pejuang dari para “buaya kapasan” ternyata masih panas,” tambah insiator Relawan Jokowi Makruf Amin (RJM) seraya mengisahkan tentang Pecinan Kapasan.

Sebelumnya, para kader yang ada di dalam KareB juga melakukan blusukan ke kampung masing-masing untuk mensolidkan suara Capres 01 agar solid. (q cox)