RAJAWARTA : Aksi kekerasan alias pemukulan diduga telah dilakukan oleh Satpol PP Pemkab Sidoarjo terhadap beberapa aktivis Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC-PMII) Sidoarjo Jawa Timur.

Aksi kekerasan itu terjadi ketika beberapa PC-PMII menggelar aksi unjurasa di depan Kantor Pemda Sidoarjo dengan pengkritik kebijakan Pemkab Sidoarjo yang dianggap ‘gagal’ dalam menjalankan roda pemerintahan selama kurang lebih 4 tahun (4/7).

Informasi aksi pemukulan tersebut diperoleh PC-PMII dari berbagai media yang merilis telah terjadi tindak kekerasan yang dilakukan oleh oknum Satpol PP Sidoarjo kepada peserta aksi. Akibat dari pemukulan tersebut, beberapa kader PMII ada yang luka memar dan sebagian dirawat di rumah sakit.

Menyikapi pemukulan sepihak oleh oknum Satpol PP itu, PC-PMII Sidoarjo menyampaikan pernyataan sikap.

Kami atasnama keluarga besar alumni PMII yang aktif di Pengurus Cabang Ikatan Keluarga Alumni PMII (PC IKA PMII) Sidoarjo bersikap:

1. Mendukung penuh aksi kritis Sahabat – sahabat PC PMII Sidoarjo terhadap kebijakan pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang inkonstitusional

2. MENGECAM KERAS tindakan oknum Satpol PP Sidoarjo yang melakukan kekerasan terhadap peserta aksi PC PMII Sidoarjo.

3. Usut tuntas aksi anarkisme yang dilakukan oleh oknum Satpol PP Sidoarjo terhadap peserta aksi Sahabat – Sahabat PC PMII Sidoarjo.