RADJAWARTA : Untuk menciptakan Kampung Bersinar (Bersih, Sehat, Indah, Asri, dan Rapi) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang menggelar kegiatan Pembinaan Kampung Lingkungan Hidup (11/4) di Hotel Savana.

Acara terserbut dihadiri Kepala DLH Kota Malang Drs. Agoes Edy Poetranto, MM, Sekda Kota Malang Drs.Wasto, SH, MH, dan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Asri Cahaya Hati, ST.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Malang Drs. Wasto, SH, MH menjelaskan, pihaknya selalu memanfaatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dari masukan-masukan itulah diambil langkah-langkah strategis termasuk dalam pengelolaan lingkungan hidup.

“Awal-awal dulu menggelar lomba lingkungan di RW-RW di Kota Malang sistemnya banyak yang kebut semalam seperti anak-anak sekolah,” kelakarnya, Kamis (11/4).

Dari awalnya banyak yang berbenah hanya saat menjelang lomba, akhirnya timbul sendiri kesadaran masyarakat. Jadi akhirnya tanpa dimintapun saat ini masyarakat sudah mau sendiri menata kampungnya, sebab lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan sangat menguntungkan bagi yang tinggal.

Menumbuhkan respons masyarakat agar secara sadar mencintai lingkungan, menurut Wasto merupakan tugas bersama dan esensi tugas pemerintah adalah pemberdayaan masyarakat.

Saat ini Wali Kota Malang semakin serius membuat berbagai pendekatan kepada semua pihak untuk terus menggelorakan gerakan buang sampah pada tempatnya.

“Saya yakin jika gerakan ini dijalankan dengan baik, ke depan Kota Malang tidak akan lagi mengalami kerugian akibat kesalahan  masyarakat membuang sampah sembarangan,” tegas Wasto. (cah/yon/hms)

Print Friendly, PDF & Email