Suarasurabaya

RAJAWARTA : Warga Surabaya tidak perlu repot-eepot mencari tempat untuk membuang limbah hewan kurban Idul Adha 2019. Sebab, petugas dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Pemkot Surabaya siap jemput bola mengambil limbah atau sampah hewan kurban ke lokasi pemotongan.

Video Pilihan Anda :

“Saran saya untuk hari Minggu itu, limbah hewan kurban dikumpulkan, kemudian kita ambil, prosedurnya bisa melalui surat atau lewat telepon, nanti pasti akan kita ambil,” kata Agus Hebi Djuniantoro, Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Sabtu (10/8/2019).

Agus menjelaskan, agar sampah atau limbah hewan kurban segera diambil warga cukup datang ke kantor cabang kebersihan yang tersebar di seluruh Surabaya atau warga cukup menghubungi dinas kebersihan.

Video Pilihan Anda :

“Silahkan hubungi kami di kantor cabang kebersihan terdekat, nanti kami akan turun untuk mengangkut kotoran atau limbah hewan kurban,” ucapnya.

Agus menegaskan, selama hari raya idul adha, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan bagi warga yang membuang sampah atau limbah hewan kurban sembarangan maka Pemkot Surabaya akan memberikan sanksi tegas.

“Kalau dibuang sembarangan nanti bisa kena sanksi karena itu juga termasuk pencemaran lingkungan,” ujarnya.

Untuk memastikan agar warga tidak membuang sampah sembarangan, menurut Agus, pihaknya sudah melakukan pendataan tempat ibadah yang melakukan pemotongan hewan kurban.

“Kita sudah inventarisasi, kita perintahkan ke jajaran supaya nanti (limbah kurban) itu kita ambil. Biasanya limbah hewan kurban itu seperti usus, darah dan kotoran hewan,” katanya. (ss/ant)