RAJAWARTA : Tim Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Timur, akhirnya berhasil mengibarkan bendera Jawa Timur CETTAR (Cepat, Efektif, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif) di puncak Gunung Semeru.

Video Pilihan Anda :

Gunung dengan ketinggian 3.676 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL), Jumat, (2/8) dan kerasnya hembusan angin dingin tidak menyurutkan langkah personel tim Bapenda Jatim untuk mengibarkan bendera yang menjadi ikon program Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak.

Dalam keterangan persnya, Kepala Bapenda Jatim Boedi Prijo Soepajitno mengatakan, ekspedisi ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, HUT Provinsi Jatim ke-74 dan HUT Bapenda Jatim ke 57. Dalam ekspedisi ini, bendera merah putih, lambang Jer Basuki Mawa Beya, dan logo Jatim Cettar dikibarkan secara bersamaan di atas puncak Mahameru.

Video Pilihan Anda :

Menurutnya, ekspedisi ini mendapat restu dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Tujuan dari pengibaran bendera di puncak Gunung Semeru penanda tingginya semangat nasionalisme masyarakat Jawa Timur sekaligus tingginya semangat CETTAR Pemprov Jatim dalam memberikan layanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Boedi menegaskan secara khusus bahwa, dipilihnya puncak Semeru dipilih sebagai tempat mengibarkan bendera Jatim CETTAR ini karena Semeru terdapat dalam logo provinsi Jawa Timur. Selain itu, sesuai instruksi Gubernur Jatim untuk mempromosikan juga wisata di gunung Semeru dan Bromo.

Dalam kesempatan tersebut, Boedi Prijo menjelaskan, ekspedisi ini merupakan moment pertama kali diselenggarakan. Karena selama 74 tahun baru kali ini Pemprov Jatim naik ke puncak Mahameru. “Bapenda Jatim untuk Jawa Timur CETTAR,” tegasnya.

Boedi menyebut, pembentangan banner Jatim CETTAR juga dilakukan di atas Ranu Kumbolo. Pembentangan banner foto Gubernur Jatim dengan slogan Jatim CETTAR dilakukan oleh 20 orang tim Bapenda Jatim. Dengan susah payah, mereka menantang ditengah cuaca yang bersahabat dengan suhu sekitar 6 derajat celcius.

Boedi menceritakan, tim ekspedisi mulai naik dari Ranu Pane pada Kamis, (1/8) pukul 13.00 WIB langsung menuju puncak. Bendera merah putih, bendera lambang Jatim CETTAR bisa dikibarkan pada Jumat, (2/8) pukul 09.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan pembentangan banner di Ranu Kumbolo pukul 16.00 WIB.

Boedi Prijo mengungkapkan, misi ini juga merupakan bagian dari menggelorakan semangat Nawa Bhakti Satya agar sampai di seluruh wilayah Jatim.

“Jadi tidak hanya di perkotaan, Nawa Bhakti Satya juga harus terdengar di pedesaan hingga pegunungan,” ungkapnya. (b5)