RADJAWARTA : Kediri Exotic Carnival menjadi salah satu rangkaian Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1215. Carnaval ini dilaksanakan pada Minggu, 28 April 2019. Kegiatan yang bertempat di Kawasan Monumen Simpang Lima Gumul ini dihadiri oleh Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Ir. Adi Suwignyo, MM, Direktur ATKP Surabaya, dewan juri, serta seluruh panitia dan tamu undangan.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Melalui busana, nilai seni, budaya dan kreativitas dapat ditunjukkan serta dilestarikan. Tema pada kegiatan ini adalah “Kediri Lagi Menyongsong Panji 4.0”. Bukan tanpa alasan, tema tersebut diambil dari sejarah budaya Kediri yang tidak lepas dari tokoh Panji dan telah diakui oleh Unesco serta dibarengi dengan generasi milenial berbasis IT dengan simbol 4.0.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Wakil Bupati Kediri, Drs. H. Masykuri, MM, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini. “Acara ini merupakan kegiatan yang membangkitkan semangat untuk menciptakan seni dan kolaborasi pertemuan budaya. Kediri ini memiliki akar budaya yang sudah diakui dunia. Mudah-mudahan melalui acara ini, Carnival Kediri mampu tembus internasional,” ucapnya.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Carnaval kebanggaan warga Kediri ini dibuka Bupati dan didampingin Kepala Dinas Priwisata dan Kebudayaan serta Ketua Panitia ditandai dengan memukul drumb secara bersamaan sebagai tanda pembukaan.

Setelah prosesi pembukaan, kegiatan ini diawali dengan penampilan drum band dari Taruna-Taruni ATKP Surabaya yang sangat memukau. Dilanjutkan dengan penampilan seluruh peserta Kediri Exotic Carnival yang menampilkan karya kreativitas busana dilengkapi dengan aksesoris lengkap yang diperagakan model. Seluruh penonton pun juga sangat antusias menyaksikan serta mengabadikan momen tahunan ini.

Ketua Panitia yang juga selaku Kepala Sekolah SMKN 1 Ngasem, Gatot Subroto, menyampaikan rasa terma kasih atas kerjasama sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Selain itu, beliau berharap kegiatan yang memiliki nilai edukatif pastisipatif ini akan terus dapat terlaksana dengan lebih baik lagi. (hms/kdri)