Lolos di KBMI 2020, UMAHA Berbagi Sukses Pada Sesama Perguruan Tinggi

Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo terus berusaha menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada para inovator muda secara daring. Penumbuhan karakter jiwa wirausahawan muda ini bermanfaat untuk mengembangkan atau merintis usaha yang telah dimiliki.

Kepala Program Studi Manajemen FEB UMAHA Sidoarjo, Wulan Purnamasari, SE, M.SM, Senin, (17/8) mengatakan, salah satu upaya menumbuhan semangat wirausahawan dilakukan dengan menggelar Workshop Tips dan Trik Lolos di KIBM 2020 dengan Tema Mahasiswa Mandiri dan Berprestasi Melalui KIBM (Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa)yang telah berlangsung pada, Sabtu (15/8) kemarin.

“Alhamdulillah, Puji Syukur tigaproposal kami di Program Studi S1 Manajemen telah lolos dan didanai oleh Kemdikbud pada KBMI (Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia) tahun 2020 dibulan ini, Semoga di KIBM ini nanti kami juga bisa lolos mewakili Universitas Maarif Hasyim Latif,”kata Wulan.

Workshop tersebutbertujuan untuk menumbuhkan karakter para pebisnis inovator muda guna mengembangkan usahanya, serta memberikan pengetahuan terkait penyusunan proposal KIBM yang baik agar dapat lolos dalam seleksi.

Kegiatan itu juga sebagai langkah jitu untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin menjadi wirausahawan muda dengan mengembangkan bisnisnya melalui program hibah yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

Workshop yang dilaksanakan secara online melalui daring dengan menggunakan aplikasi zoom, dihadiri oleh tigapemateri yang kompeten di bidangnya. Pemateri pertama yaitu M. Adhi Prasnowo, ST, MT, I.PM, ASEAN, Eng yang merupakan Tim PKM UMAHA.

Adhi dalam pemaparan menyampaikan panduan KIBM 2020. Ia mengimbau agar mahasiswa dapat Menyusun proposal KIBM sesuai dengan panduan yang telah ada.Sementara itu, Fathoni Rakhman, S.Kom, M.Kom selaku Reviewer KBMI Kemdikbud berpesan agar tidak meninggalkan satupun dari point pertanyaan pada susunan proposal KIBM yang terdiri atas 10 item selain itu Fathoni juga menyampaikan beberapa tips untuk bisa lolos di KIBM tahun 2020 yang merupakan program baru dan perdana diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Wulan Purnamasari, SE, M.SM sebagai pemateri ke-tiga, juga memaparkan terkait luaran KIBM 2020 yaitu salah satunya pendaftaran HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Wulan, menjelaskan secara mendalam perihal konsep dan praktik pendaftaran HKI secara online.

Tak hanya sesi penyampaian materi dan tanya jawab, tetapi kegiatan kali ini juga terdapat sharing session dengan peserta yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang wirausaha.

Wulan juga menyebutkan, acara tersebut mendapat antusias dari seluruh peserta. Wulan berharap agar seluruh peserta dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas serta kuantitas dari setiap usaha yang dimiliki oleh mahasiswa Indonesia melalui KIBM 2020 ini.

Workshop ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UMAHA saja, namun juga dihadiri mahasiswa dari IAIN Lhoksumawe, Universitas Brawijaya Malang, Poltek Bisnis Tarakan, Universitas Tarumanegara, Universitas Adibuana, Universitas Jember, UNESA, dan perguruan tinggi lainnya.

Print Friendly, PDF & Email