trib

RAJAWARTA : Untuk menghindari kemacetan saat arus balik lebaran, Budi Karya Sumadi (BKS) Menteri Perhubungan (Menhub) mengeluarkan himbauan kepada pemudik untuk kembali pada 7 Juni atau 10 Juni 2019.

“Saya menyarankan kepada pemudik untuk pulang ke tempat kerja masing-masing pada tanggal 7 atau 10 Juni,” cetus BKS kepada pewarta di Jakarta kemarin.

Menhub menjelaskan, jika para pemudik kembali pada 8 atau 9 Juni 2019 maka diperkirakan para pemudik yang ingin kembali terjebak kemacetan. Sebab pada tanggal 8 atau 9 Juni merupakan puncak arus balik.

“Saya lagi ingin menginformasikan kepada pemudik mampir-mampir ke daerah-daerah di sekitar jalan tol, karena kita juga punya masalah dengan rest area,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu BKS meminta kepaa Basuki Hadimuljono Menteri PUPR untuk menonaktifkan sementara Gerbang Tol Palimanan selama arus balik.

“Satu lagi yang saya ingin usulkan kepada menteri PUPR yakni gerbang Tol Palimanan kalau bisa jangan ada (dinonatifkan) mengingat gerbang tol ini menjadi penyebab kemacetan sepanjang tiga kilomter saat arus mudik,” jelasnya lagi.

“Saya Cuma minta tiga hari saja, 7,8, dan 9 Juni setelah itu kembali normal. Kalau mengenai pendapatan bisa dari jalan tol yang lain, tinggal sharing saja,” ujarnya. (ss/ant)