RADJAWARTA : Setelah secara resmi dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jatim Periode 2019-2024 Iko Sukma Handriandianto berjanji akan meningkatkan eskpor Industri dan perdagangan di Provinsi Jatim.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Iko menyatakan, siap membawa amanah sebagai Ketua DPD GPEI Jawa Timur. Dia mengaku telah memiliki progam-progam untuk meningkatkan ekspor Jawa Timur.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

“Kedepan kami akan meningkatkatkan ekspor Jawa Timur, baik ekspor industri maupun ekspor perdagangan, dan yang paling utama yang sedang kami kembangkan dan telah diikuti banyak IKM,” ujarnya (17/5).

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Salah satu upayanya adalah terus mendorong IKM untuk ekspor. “Untuk mencetak eksportir-eksportir baru, IKM yang selama ini belum maksimal ekspor akan kami suport untuk ekspor,” ujar Iko.

“Di Jawa Timur ini kurang lebih yang sudah teregistrasi sekitar 2.500 perajin. IKM ini yang akan kami kembangkan dan optimalkan untuk mencetak ekspor dari Jawa Timur lebih meningkat lagi,” ungkap Iko.

Berdasarkan pertimbangan dan melihat potensi daerah dan SDM masyarakat Jawa Timur yang kreatif, Iko optimis ekspor Jatim akan meningkat, dan produk-produk yang diekspor sangat menarik.

Dia juga mengemukakan, dengan adanya infrastruktur yang lengkap di Jawa Timur, seperti Pelabuhan Teluk Lamong dan Pelabuhan Tanjung Perak, serta adanya Bandara Internasional Juanda, sangat memungkinkan untuk mencetak eksportir lebih banyak lagi.

“Apalagi sekarang ini sudah ada tol, tentu harus bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ekspor dan mencetak eksportir-eksportir baru di Jawa Timur,” pungkasnya (Gan/b5)

BACA JUGA :   Wali Kota Risma Menelusuri Jejak Sejarah di Kampung Peneleh

Teks Foto: Iko Sukma Handriandianto, Ketua DPD GPEI Jatim Periode 2019-2024, setelah dilantik oleh Ketua Umum DPP GPEI Khairul Hamalli di Surabaya, Jumat (17/5/2019).