RADJAWARTA : Kepala BNPB Doni Monardo didampingi Para Deputi dan Unsur Pengarah BNPB, bertemu dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X di Jakarta (9/5) guna membahas upaya mitigasi bencana struktur partisipatif di Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya di daerah pantai selatan.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Pertemuan ini juga merupakan tindak lanjut dari kegiatan bersama BNPB, Pemda DIY dan Pemkab Kulon Progo yang telah melakukan penanaman sebanyak 1.000 pohon Pule dan pohon Cemara Udang di kawasan bandara baru Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 2019 yang lalu sebagai bagian upaya mitigasi bencana tsunami.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Pentingnya upaya Mitigasi di DIY seperti yg kita ketahui bersama, daerah pesisir selatan jawa berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan berada dipertemuan lempeng Indo-Australia, sehingga rawan terhadap gempa dan tsunami.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Alhasil, kegiatan mitigasi struktur partisipatif yang melibatkan unsur Pentahelix (Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Media dan Akademisi) berupa penanaman pohon sebagai pelindung dari terjangan tsunami harus sesegera mungkin untuk dilakukan. (sbr/hms/bnpb)