RAJAWARTA : Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho menggagas Gerakan Cinta Papua. Gerakan tersebut terimplemenasi dalam sebuah deklarasi Masyarakat Jawa Timur Cinta Papua. Kegiatam itu digelar di depan Monumen Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Jalan Polisi Istimewa, Surabaya. (1/9/2019).

Simak video : Keluarga Pasien akan Menggugat Rumah Sakit RKZ Surabaya

“Kegiatan pada pagi hari ini juga melibatkan seluruh komunitas yang ada di Surabaya, mulai dari Bonek, pengemudi ojek ‘online’, Banser, pelajar, mahasiswa,  ibu rumah tangga, serta pemerintah daerah, termasuk TNI – Polri,” ujar Kapolrestabes Sandi kepada pewarta di Surabaya.

Sesuai dengan nama gerakan tersebut, dalam acara itu masyarakat Papua di kesempatan seluas-luasnya dalam deklarasi Masyarakat Jawa Timur Cinta Papua. Misalnya, diberi kesempatan  memimpin bernyanyi dari awal hingga akhir acara, serta menari yang setiap gerakannya diikuti oleh segenap komunitas dari daerah lain yang hadir. 

Simak Video : LKPJ Walikota Surabaya Dikoreksi Dewan

“Kegiatan hari ini adalah wujud nyata bahwa masyarakat Jawa Timur cinta Papua,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Sandi menjelaskan, Jawa Timur harus menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia bahwa persatuan dan kesatuan merupakan inti dari pembangunan.

“Solidaritas yang tercermin dalam kegiatan hari ini menunjukkan bahwa kita semua bersaudara,” ucapnya. 

Lebih jauh Kombes Pol Sandi berpesan kepada masyarakat Papua di manapun berada agar turut menjaga kemananan yang kondusif, serta bersama-sama membangun bangsa dan negara Indonesia. (sbr-ant)