RADJAWARTA : Tujuh hari jelang Lebaran Idul Fitri 2019, Selasa (28/5/2019), sopir bus di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo jalani tes urine dan pemeriksaan kesehatan.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Seluruh pengemudi bus di seluruh Terminal Purabaya, Bungurasih, menjalani tes urine dan kesehatan, bertujuan guna memberikan kenyamanan serta keselamatan bagi para pemudik Lebaran Idul Fitri 2019.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Di lokasi, Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Heri Wahono memgatakan, kegiatan tes urine dan kesehatan ini untuk kenyamanan mudik maupun balik lebaran, dan meminimalisir kecelakaan di jalan ketika arus mudik Lebaran 2019.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Antisipasi dari pihak kepolisian untuk meminimalisir kecelakaan di jalan salah satunya seperti pengecekan kendaraan. Kalau tes awak pengemudi ini bisa berupa tes kesehatan urine dan sebagainya, yang saat ini kita lakukan di terminal Purabaya,” kata Kombes Pol Heri didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, saat berkunjung di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Selasa (28/5/2019).

Seperti diketahui, sejak pagi tadi hingga saat ini ramp cek terus dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Sementara untuk tes urine dan kesehatan, langsung Jasa Raharja serta Dinas kesehatan Provinsi Jatim. Dari tes yang dilakukan awak pengemudi melewati beberapa sesi, yaitu tes urine, mata meliputi warna dan pandangan, gula darah, alkohol, serta tensi.

“Ini dilakukan supaya mengetahui mana pengemudi yang sehat dan yang tidak. Kita juga mengantisipasi pengemudi yang memakai narkoba. Kemudian dari sisi kendaraan kita ingin melihat kondisi dari pada kendaraan layak atau tidak yakni dengan ramp cek dan emisi gas buang,” ujar Dirlantas Polda Jatim.

Sementara itu, salah satu sopir bus antar kota jurusan Surabaya-Malang, Suparno yang mengikuti tes ini mengaku cukup senang. Karena dengan begitu penumpang bisa lebih percaya dan merasa aman ketika hendak mudik menggunakan transportasi bus.

Di Terminal Bus Purabaya Bungurasih Waru, Sidoarjo, Polresta Sidoarjo juga menyiapkan pos pelayanan Lebaran Idul Fitri 2019. “Hari ini kami cek kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di beberapa titik di Kabupaten Sidoarjo. Agar pos-pos Polresta Sidoarjo nantinya dapat terus siaga melayani masyarakat di perayaan Idul Fitri, selama gelara Operasi Ketupat Semeru 2019,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, Selasa (28/5/2019) di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo.