RAJAWARTA : Pemerintah Provinsi Jaww Timur meraih juara umum Jambore dan Bhakti sosial TAGANA Nasional yang berlangsung 25-28 September Tahun ini. Pada saat yang sama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan dari Kementerian Sosial sebagai pembina TAGANA Berprestasi.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Saya atas nama pribadi dan Pemprov Jatim menyampaikan terima kasih atas penghargaan ini. Sekaligus juga atas kepercayaan dari Kemensos untuk menjadikan Jawa Timur sebagai pusat penyelenggaraan Jambore dan Bakti Sosial Tagana Nasional 2019,” kata khofifah saat menyampaikan sambutannya dalam Apel Siaga Tagana yang berlangsung di Lautan Pasir Taman Nasional Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Tim Tagana Provinsi Jawa Timur meraih juara umum dengan meraih 2 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu. Dua Medali Emas masing-masing untuk uji kompetensi Water Tescue dan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat.
Dua Medali Perak masing masing untuk uji kompetensi Shelter atau Hunian Sementara dan uji kompetensi Logistik dan Dapur Umum. Satu Medali Perak diperoleh dari uji kompetensi Layanan Dukungan Psikososial.
Uji Kompetensi Tagana ini melibatkan perwakilan Tagana dari masing-masing Provinsi seluruh Indonesia. Adapun yang menjadi unsur penilaian adalah pengetahuan dan keterampilan, manajemen. Selain itu juga dinilai kerjasama, koordinasi, ketepatan, kerapihan, dan kecepatan.
Khofifah mengatakan penghargaan yang diraih Tagana merupakan bentuk pengakuan atas kinerja dan dedikasi Tagana Jawa Timur dan segenap relawan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam penanggulangan bencana.
“Saat terjadi banjir di 15 kabupaten di Jatim, seluruh Kepala OPD saya minta turun tanpa terkecuali. Meskipun organisasi yang mereka pimpin tidak terkait langsung dengan kebencanaan tetapi mereka bahu-membahu membantu masyarakat terdampak bencana. Mereka ini adalah riil Tagana,” tutur Gubernur.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19