RAJAWARTA : Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini or Risma dikabarkan masuk dalam list calon menteri di Kabinet Jokowi-Amin. Kabar tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Krisyanto di Kantor DPD PDIP Jatim.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Sekarang Ibu Risma sudah menjadi Ketua DPP Partai. Kalau di dalam profiling presiden baik, tentu saja hal tersebut dikonsultasikan dan didialogkan ke Megawati Soekarnoputri. Sebab, dalam proses pengajuan menteri tidak seperti pengajuan proposal tapi dengan dialog,” jelas Hasto (18/10).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Selain Risma ungkap Hasto, ada beberapa nama dari kepala daerah lain yang namanya juga berpotensi masuk ke list Calon menteri di Kabinet Jokowi periode 2019-2024.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Beberapa kepala daerah yang memiliki potensi menjadi menteri antara lain, Budi Sulistyono alias Kanang Bupati Ngawi, Abdullah Azwar Anas Bupati Banyuwangi.

“Nanti ada kepala daerah yang dipromosikan jadi Menteri. Ini sekaligus memperkuat tradisi demokrasi dari bawah yang dipelopori PDIP,” tuturnya.

Dalam jumpa pers itu, Hasto menegaskan sebagai partai pengusung utama Jokowi-Ma’ruf, PDIP akan mendapatkan kursi menteri terbanyak dibandingkan partai politik lainnya.

Dalam komunikasi pembentukan kabinet tersebut, Hasto menegaskan PDIP menggunakan lima pintu utama untuk merekrut calon menteri.

Pintu tersebut adalah dari partai politik (kader internal), kalangan profesional, lalu kepala daerah, dan Aparatur Sipil Negara (ASN), serta tokoh nasional dan tokoh masyarakat. (sbr-ss)