suarasurabaya

RAJAWARTA : Memasuki hari kedua Hari Raya Idul Fitri 1440 H, arus balik menuju Kota Surabaya hari ini mulai terlihat. Berdasarkan informasi yang ada, arus balik yang masuk ke Surabaya 45 ribu kendaraan melalui tol Surabaya-Mojokerto.

Video Pilihan Anda :

“Hari ini pergerakannya sekitar 43 sampai 45 ribu, sehingga arus balik dua lebaran hari kedua ini tembus 80 ribuan kendaraan,” jelas AKP Lamuji Kanit PJE Tol Jatim 3.

Dia menjelaskan, mulai H-8 hingga H-1 lebaran ada sekitar 140 ribu kendaraan telah meninggalkan Surabaya. Kalau hari ini sudah 80 ribu yang masuk ke Surabaya, itu artinya arus balik sudah 50 persen dari jumlah keseluruhan.

Video Pilihan Anda :

“Jika ditambah hari ini, berarti hamper separuhnya, karena jika kemarin 35 ribu, maka kira-kira ada 35 sampai 40 ribu tiap harinya,” tukasnya.

Jika melihat jumlah kendaraan yang melalui tol Surabaya-Mojokerto maka H+1 lebaran sudah bisa dikatakan puncak arus balik menuju Surabaya.

Lamuji mengaku hari ini dirinya cukup senang karena hingga hari ini tol Sumo belum ada kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa. Untuk itu Lamuji menghimbau kepada pemudik arus balik agar tetap warspada dan berhati-hati dalam berkendara.

“Alhamdulillah kecelakaan tidak ada, adapun Cuma (kerugian) materiel aja mungkin karena saking padatnya jadi totolan saja. Saya harapkan masyarakat lebih berhati-hati dan selalu mematuhi aturan,” pungkasnya (sbr/SS)