RAJAWARTA : Jatuh ke Bacawali Siapa rekom Partai Gerindra untuk Pilwali Surabaya? Jawabannya, hampir dipastikan rekom DPP Partai Gerindra akan jatuh ke Machfud Arifin, mantan Kapolda Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan BF Sutadi Ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya ketika ditanya apakah rekom Partai Gerindra sudah turun. “Secara internal saya sudah dengar. Tapi masih belum sampai ke saya,” cetusnya (21/01/20).

Kepada siapa rekom tersebut akan diberikan? Mantan asisten I Pemkot Surabaya itu tidak berani memastikannya karena rekom merupakan absolute wewenang DPP.

Menurutnya, DPC Partai Gerindra Kota Surabaya sudah melakukan beberapa tahapan untuk menjaring Bacawali. Dan, hasilnya diserahkan ke DPP melalui DPD.

“Hari ini kan yang menyerahkan kan DPD ke DPP. Nanti turunnya juga begitu dari DPP turun ke DPD dan diserahkan ke DPC,” jelasnya.

Terkait kepastian kepada siapa rekom akan diserahkan, Sutadi kembali tidak berani memastikan karena tugas DPC sebatas mengusulkan kepada DPP melalui DPD. “Kami masih menunggu, dan kami tidak bisa memprediksi, tapi dari sisi calon, jelasnya Pak MA,” pungkasnya.

Seperti telah berkabar sebelumnya, PAN dan PKB sudah memastikan rekom Pilwali Surabaya diberikan ke MA. Sedangkan, Partai Gerindra tak kunjung turun. Rekom Partai Gerindra ini menjadi topik hangat di publik Surabaya. Topiknya, kepada siapa rekom Gerindra akan diberikan.

Bahkan, berdasarkan informasi yang berkembang di ‘meja’ konstituen Surabaya rekom Partai Gerindra disebut bisa jadi bola liar alias bisa kemana-mana. Bola liar tersebut dijawab tegas oleh Ketua DPC Partai Gerindra Kota Surabaya, bahwa Partai Garindra konsisten dengan keputusan Rakercapsus (11/01/20) yang diusulkan ke DPP.