RAJAWARTA : Kapan Gedung anyar DPRD Yos Sudarso Kota Surabaya diserahterimakan dan bisa ditempati Wakil Rakyat? Pernyataan itu dijawab oleh Wakil Ketua DPRD Yos Sudarso, Reni Astuti.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Kepada para pewarta yang berhasil menemuinya, politisi PKS itu mengungkapkan bahwa gedung anyar tersebut bisa ditempati 50 wakil rakyat pada pertengahan bulan ini. (2/1/20).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Stetmen Reni itu disampaikan setelah dirinya memantau langsung gedung berlantai 8 tersebut bersama Sekretaris DPRD Yos Sudarso, pejabat Cipta Karya, dan pihak-pihak yang terkait.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Kemudian saya menanyakan kepada cipta karya, sebenarnya gedung ini secara keseluruhan bisa digunakan kapan?. secara fungsi ruangan sudah bisa dipergunakan, namun dalam hal pemanfaatan ruang karena diperlukan pemindahan mebelair dll dari gedung lama ke gedung baru oleh fraksi dan sekretariat dewan, maka diperkirakan gedung baru bisa digunakan dipertengahan Januari ini,” jelasnya.

Menurut Reni, penggunaan gedung yang sempat membuat gaduh sejumlah wakil rakyat di Yos Sudarso diperkirakan 13 Januari tahun ini sudah bisa ditempati.

Dalam kesempatan itu Reni menguarai bahwa nanti kalau setting tempatnya, pimpinan dewan tetap disini tempatnya (gedung lama-red). Ruang komisi tetap disini, ruang fraksi pindah di belakang, kemudian anggota dewan masing-masing punya ruang sendiri.

“Kemudian ruang Banmus, Banggar dan pembentukan perda juga ada di belakang. Pimpinan dewan tidak meninggalkan teman teman wartawan dan media masih tetap disini, tapi harapannya nanti dan sudah kita sampaikan ke sekwan ruang untuk wartawan nanti lebih luas. Jadi nanti raung fraksi Demokrat akan digunakan untuk teman teman media,” paparnya.

Reni menambahkan, gedung baru ini memiliki ruang serbaguna. “Kalau nanti ada tamu yang banyak atau rapat, misalnya Komisi A atau Banggar mau rapat dengan seluruh lurah atau mengundang seluruh kepala puskesmas. Ada ruangan yang cukup untuk itu,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Iman Krestian Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) menegaskan, gedung anyar sudah siap ditempati, tadi sudah ada kunjungan pimpinan dewan dan sekwan. “Kami juga sudah menjelaskan kalau serah terima kunci sudah kami serahkan minggu lalu, setelah pekerjaan itu selesai,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sebenarnya gedung itu sudah diserahkanterimakan. Namun karena ada kendala, kunci gedung diserahkan ke petugas pengamanan.

“Per tanggal 20 Desember 2019, sudah diterima oleh Sekwan bagian pengamanan. Karena pada saat itu teman teman Sekwan, tidak ada ditempat. Jadi serah terima kunci sudah diserahkan ke Pamdal Sekwan, “terang Iman.

Iman menuturkan, begitu gedung selesai tahun lalu, pihaknya sudah menyerahterimakan dengan sekwan. “Begitu gedung baru sudah selesai kita sudah serah terimakan ke Sekwan. Cuman kemarin untuk pekerjaan interior gedung juga sudah diserah terimakan lagi ke Sekwan,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk kedepannya Sekwan sudah berwenang untuk membagi-bagikan ruangan kepada legislator sesuai dengan tugasnya masing-masing.

“Tinggal Sekwan yang manfaatkan, nah ini tadi Sekwan sudah ke lokasi dan menata ruangan. Kemungkinan minggu depan sudah ada konsolidasi dengan pimpinan pimpinan fraksi, untuk membagi ruangan-ruangan ini, untuk anggota siapa.” tuturnya. (@)