RAJAWARTA : Mendapat informasi musibah banjir yang melanda wilayah Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya langsung bergerak cepat untuk mengirim bantuan ke sana. Bantuan tersebut diberangkatkan kemarin, Selasa (28/1/2020) dengan menggunakan kendaraan truk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPB) dan Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, hari ini tepat pukul 07.00 wib, bantuan sudah diterima oleh petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bandung. Mereka memberi kabar melalui pesan singkat bahwa bantuan dari Pemkot Surabaya sudah tiba di lokasi posko bencana.

“Kiriman bantuan dari Ibu Wali Kota ini terdiri dari sarung, mie instan, roti, susu bayi, pembalut wanita, pakaian anak-anak, pakaian orang dewasa laki-laki dan perempuan, diapers, dan makanan abon,” kata Eddy saat ditemui di kantornya, Kamis (29/1/2020).

Eddy menjelaskan, sebelum mengirim bantuan, pihaknya terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung dan menanyakan apa saja kebutuhan yang dibutuhkan. Bahkan, Pemkot Surabaya juga siap memberikan bantuan lagi jika masih ada yang diperlukan.

“Yang dibutuhkan yaitu makanan cepat saji, makanan sehari-hari dan kebutuhan untuk perlengkapan bayi dan anak-anak. Jadi itu yang kami kirimkan,” kata dia.

Selain itu, Eddy memastikan bantuan ini sengaja diturunkan untuk daerah yang paling parah terdampak bencana. Ia menyebut sekitar enam kecamatan yang tenggelam. “Untuk pengungsinya sekitar 2 ribu KK (Kartu keluarga) memang bencananya cukup besar,” tandasnya (*)