RAJAWARTA : Di group WhatsApp beredar foto mirip dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Dalam foto tersebut mantan Menteri Sosial itu mengendarai sepeda motor tanpa dilengkapi spion.

Ironisnya, sebagai Gubernur dan juga masuk jajaran tokoh Nasional Khofifah juga tidak memberikan teladan baik kepada masyarakat. Kenapa? Karena dalam foto tersebut selain kendaraannya tidak menggunakan spion, Khofifah juga tidak menggunakan helm. Begitu juga dengan yang diboncengnya, juga tidak mengenakan helm.

Sontak, gambar mirip Khofifah tersebut, menuai sorotan dari salah satu anggota group WhatsApp yang melihat gambar tersebut. Dia mempertanyakan lokasi foto tersebut. “Ini dimana? Bu Gubernur kok melanggar lalu lintas,” tanya salah satu anggota group WA.

Berdasarkan plat nomor yang dikendarainya, Khofifah tidak sedang di Surabaya, karena plat yang melekat dikendaraan itu plat N.

Foto bergambar mirip Khofifah tersebut memantik politisi asal kota Surabaya ikut menulis komentar. Menurutnya, dalam foto tersebut tidak hanya gubernur yang melanggar lalu lintas, tapi pengendara lain juga melanggar.

“Tidak hanya Gubernurnya yang melanggar lalu lintas, tapi perempuan lain ikut-ikutan melanggar lalu lintas,” komen politisi DPRD Yos Sudarso, Surabaya.

Foto mirip Gubernur Jatim tersebut jauh berbeda dengan tokoh nasional lainnya. Misalnya Presiden Jokowi ketika mengendarai sepeda motor trail saat memantau pembangunan jalan di Papua beberapa tahun lalu. Meski sebagai seorang Presiden, Jokowi tetap mengenakan helm.