trib

RAJAWARTA : Setelah membaca artikel ini penderita asam urat tinggi akan terbebas dari segala hal yang terkiat dengan asam urat. Sebab segala yang tertuang dalam artikel ini mampu mengusir asam urat tanpa harus pergi ke dokter.

Artikel ini adalah bagaimana cara penderita asam urat mengkonsumsi makanan dan minuman agar terhindar dari nyeri sendi yang disebabkan asam urat, serta gaya hidup yang harus dilakukan oleh penyandang asam urat. Berikut beberapa tip dan makanan yang harus dikonsumsi penderita asam urat :

Pertama, penderita asam urat harus menghindari beberapa pantangan yang sama sekali harus dihindari yakni membatasi konsumsi alcohol, makanan manis, dan mengurangi makanan kaya purin seperti daging, seafood, dan kacang-kacangan.

Beberapa contoh sayuran yang harus dihindari penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi antara lain : kembang kol, asparagus, bayam, kacang polong, dan jamur.

Lalu apa saja makanan dan minum yang harus dikonsumsi penderita asam urat? Di bawah ini jawabannya :

1. Air Putih

Para penyandang asam urat meminum air menjadi sebuah ‘kewajiban’ sebab air diyakini mampu memaksa asam uart keluar dari tubuh. Dianjurkan penderita asam urat meminum air 8-12 gelas air setiap hari.

2. Ceri

Disebutkan buah ceri mengandung zat anti peradangan bernama anhhocyanis. Kandungan zat itu dipercaya akan membantu mengurangi kadar asam urat. Buah ceri juga disebut mampu memcegah pengendapan asam urat di persendian yang bisa menimbulkan peradangan dan rasa sakit.

Dianjurkan dalam sehari pederitanya menkonsumsi 200 gram.

3. Berries

Berries terutama stroberi, dan blueberry memiliki sifat anti-inflamasi tinggi. Buah ini dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat secara efektif.

4. Apel

Khusus buah ini sangat mudah ditemukan, kandungan malic acid dalam apel bisa menetralkan asam urat. Dalam sehari dianjurkan mengkonsumsi satu buah setelah makan.

5. Jeruk Nipis

Kandungan asam nitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menangkal pelarutan asam urat. Konsumsi separuh jeruk nipis dengan cara diperas, dan minum 2 kali sehari.

6. Makanan kaya vitamin C

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan mampu memaksa purin keluar dari tubuh. Berikut sumber Vitamin C yang harus dikonsumsi penderita asam urat : jambu biji, kiwi, jeruk nipis, jeruk, capsicum, lemon, tomat dan sayuran hijau.

7. Makanan berserat tinggi : Makanan berserat tinggi dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda. Buah pisang salah satu contoh buah yang dipercaya mampu mengusir kadar asam urat dari tubuh.

8. Teh Hijau : penderita asam urat dengan kadar tinggi disarankan mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau diyakini mampu mengendalikan kadar asam urat berlebihan. Untuk hasil maksimal konsumsi teh hijau secara teratur. (sbr/sur/ya)