KPU Jatim raih Penghargaan MURI Coklit Serentak Satu Juta Pemilih

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, Aang Kunafi Menerima Penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) Senin (24/6/2024).

Rajawarta.com, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menerima penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) atas Rekor Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 di Provinsi Jawa Timur di hari pertama mencapai satu juta pemilih.

Kegiatan tahapan Pilkada Serentak 2024 yang berlangsung meriah itu dilaksanakan di Hotel Majapahit Surabaya, Senin (24/6/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, Aang Kunafi mengatakan, kegiatan ini memang sengaja diciptakan sangat luar biasa. Agar nantinya bisa tersosialisasikan keseluruh masyarakat Jawa Timur.

Nantinya teman-teman Petugas Pemutahkiran Data Pemilih (Pantarlih) akan door to door untuk melakukan pendataan terhadap warga.

“Saya ucapakan terimakasih kepada Petugas Pantarlih. Sebab,  pagi tadi baru dilantik mereka langsung kerja dengan target satu juta pemilih di hari pertama. Saya optimis target tersebut terpenuhi sebab jika masing-masing Pantarlih yang berjumlah 116 ribu minimal melakukan coklit ke 10 orang, maka target itu akan terpenuhi,” ujarnya.

Lanjutnya, tahapan Coklit ini sangat krusial karena menentukan tahapan-tahapan yang lain. Seperti soal jumlah TPS yang perlu disiapkan, maupun pola sosialisasi dan lain sebagainya.

“Ada tugas tambahan bagi pantarlih yaitu memberikan pendidikan pemilih untuk seluruh warga di Jatim saat mendatangi pemilih dari rumah ke rumah,” harapnya.

Sedangkan di tempat yang sama, Direktur museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Awan Raharjo mengatakan KPU Provinsi Jatim melakukan pemutakhiran data pada 24 Juni – 24 Juli 2024 melalui pencocokan dan penelitian (Coklit) di 38 kab/kota Jawa Timur telah mendapatkan atensi dari lembaga rekor muri yaitu mencatat dari satu juta pemilih di hari pertama pemutakhiran data pilkada 2024 di Provinsi Jawa Timur.

“Apresiasi penghargaan MURI bertujuan dalam rangka salah satunya yaitu memperbaiki data-data pemilih jika mendapat kekeliruan dan sebagai bahan untuk menyusun data pemilih sementara,” ujarnya.

Disamping itu, kegiatan yang diselenggarakan KPU Jatim dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Timur terlibat aktif dalam setiap tahapan Pilkada Jawa Timur.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, mari kita kawal Pilkada 2024 serentak di 38 kab/kota se Jawa Timur sampai selesai dan sukses,” pungkasnya.