PMPI Gelar Pelantikan Sekaligus Deklarasi Kepengurusan Jawa Timur

Surabaya – Persatuan Mahasiswa Pencinta Tanah Air Indonesia atau yang lebih dikenal dengan PMPI melakukan pelantikan serta deklarasi kepengurusan untuk wilayah Jawa Timur.

Hari minggu kemaren para peserta sangat antusias untuk mengikuti jalannya acara demi acara yang diselenggarakan.

Pelantikan yang terselenggara di gedung Siola tersebut meliputi juga terdapat dialog kebangsaan yang dihadiri oleh mantan Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR, Ketua DPW Petanesia Jawa Timur K.H. Khoirul Atho’, Ketua DPC Petanesia Kabupaten Gresik Dr. H. Shohib Rifai, serta Ketua Umum PMPI Khusniyati S.Pd.

Deklarasi kepengurusan yang terselenggara pada tanggal 27 November 2022 kemaren merupakan yang pertama kali diselenggarakan.

“Jawa Timur merupakan wilayah pertama yang melakukan Deklarasi serta Pelantikan untuk kepengurusan PMPI di tingkat wilayah, semoga wilayah – wilayah lain yang terdapat di seluruh Indonesia mengikuti jejak DPW Jawa Timur” ucap Khusniyati dalam sambutannya.

Acara yang bertemakan “Meneguhkan Nasionalisme dalam Membentuk Karakter Pemuda Jawa Timur” ini memberikan sedikit gambaran bagi masyarakat luas tentang pengenalan PMPI sebagai organisasi mahasiswa yang berlandaskan terhadap Cinta Tanah Air.

“Meneguhkan rasa cinta tanah air kepada NKRI dapat dilakukan dalam berbagai versi. Kecintaan terhadap NKRI harus melebihi apapun, karena sejatinya pemuda sekarang merupakan harapan masa depan demi berlangsungnya bangsa dan negara” terang Yusuf selaku caretaker PMPI Jawa Timur.

Pemuda merupakan tonggak perjuangan dalam meneruskan keberlangsungan masa depan bangsa. Oleh karenanya memperkuat rasa nasionalisme terhadap NKRI harus selalu ditumbuhkan dalam berbagai versi.

“Pemuda PMPI harus mengetahui bagaimana saja cara untuk mencintai tanah air, salah satunya adalah dengan membeli produk – produk lokal yang dibuat oleh warga negara Indonesia. Tidak hanya itu, ketika produk dalam negeri semakin dikenal dan dibeli akan menumbuhkan kebangkitan ekonomi masyarakat Indonesia.” ujar mantan Bupati Jember dalam sesi dialog dengan para peserta.

Memperkuat perekonomian bangsa juga menjadi salah contoh bentuk kecintaan terhadap tanah air dalam memajukan produk buatan dalam negeri.

“Dalam mencintai tanah air, kita harus ikhlas terhadap proses perbuatan keseharian kita. Karena para pemuda harus memulai rasa cinta tanah air dari hal – hal kecil yang membuat kita semakin mendalami rasa nasionalisme terhadap NKRI.” terang K.H. Khoirul Atho’ sewaktu memberikan nasihat kepada para pengurus yang sudah dilantik dan juga para peserta yang hadir.