RAJAWARTA : Melengkapi Program Nasdem Peduli, DPD Partai Nasdem Kota Surabaya berencana akan membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Khusus anak Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Kabar baik untuk Warga Surabaya ini disampaikan Robert Simangunsong Ketua DPD Partai Nasdem Kota Surabaya disela acara media Gathering bertema “Refleksi Akhir Tahun 2021”.

Menurut Robert, Kekerasan terhadap anak di Kota Surabaya sudah cukup lama menjadi perhatian Partai Nasdem. Oleh karenanya, dirinya bersama jajarannya akan menyiapkan advokasi terhadap anak korban KDRT.

“Kami akan melakukan advokasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam satu keluarga,” ungkapnya (31/12/2021).

Advokasi terhadap korban KDRT penting dilakukan, sebab tutur Robert, untuk memastikan sebuah kasus kekerasan dalam rumah tangga tidaklah mudah. “Sebab, hingga saat ini rata-rata tertutup. Tidak mau melaporkan. Untuk itu, kami siap mendampingi mereka,” ujarnya.

Robert pun memastikan, LBH Partai Nasdem Kota Surabaya khusus korban KDRT akan dibentuk sesegera mungkin. “Dari pihak kita, mungkin di tahun 2022 ini, kami akan membentuk Lembaga Bantuan Hukum,” tegasnya.

Dia menjelaskan, LBH Partai Nasdem Kota Surabaya ini tidak hanya untuk anak korban KDRT. Tapi, fungsi LBH ini akan diperluas. “Namun juga kekerasan terhadap perempuan. Karena banyak istri yang jadi korban kekerasan suami dengan berbagai motif,” ulasnya.

Lebih luas lagi, LBH Partai Nasdem Kota Surabaya ini juga akan mengadvokasi peristiwa kekerasan yang terjadi di luar rumah. Misalnya di dunia pendidikan. “Belakangan ini banyak kita dengar para guru di sekolah melakukan pelecehan seksual, juga di beberapa kampus. Hal tersebut, sangat menjadi perhatian kami,” tegasnya.

Robert berhadap, kepada semua elemen masyarakat agar tidak takut untuk melapor jika melihat KDRT. “Kita butuh informasi dari semua pihak agar Partai Nasdem bisa segera menindaklanjuti tindakan kekerasan yang dilakukan oknum,” pungkasnya.

Print Friendly, PDF & Email