RADJAWARTA : Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 H/ 2019 M, Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) akan menggelar Tabligh Akbar. Kegiatan tersebut rencananya berlangsung pada, Sabtu (27/4) pukul 19.00 WIB atau setelah Shalat Isya’ bertempat di ruang utama MAS.

Kegiatan yang terbuka untuk umum ini, adalah sebagai wujud rasa syukur dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan. “Selain itu juga sebagai sarana menyosialisasikan kepada masyarakat atau jamaah tentang sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan selama bulan suci berlangsung di MAS,” kata Muhammad Furqon, Humas MAS, Rabu (24/4).

Tabligh Akbar menghadirkan, Tuan Guru Bajang (TGB) H. Zainul Majdi dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai penceramah. Alumnus dari Timur Tengah tersebut sebelumnya merupakan Gubernur NTB selama dua periode. “Kami mengundang partisipasi masyarakat muslim Jawa Timur bisa hadir dalam kegiatan tabligh di masjid yang memiliki kapasitas 59.000 jamaah, serta ikut bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 H,” pintanya.

Furqon menambahkan, selama bulan suci Ramadan, MAS setiap harinya akan membagikan ta’jil dan buka puasa bersama. Rencananya, setiap hari sebanyak 2.000 nasi kotak akan dibagikan kepada jamaah dan khusus hari Sabtu dan Minggu pengelola MAS membagikan 2.500 nasi kotak.

Pengelola MAS membuka kesempatan bagi masyarakat atau jamaah ikut berpartisipasi menyumbangkan dana atau ikut berdonasi dalam kegiatan pengadaan ta’jil atau makanan berbuka. Tahun ini pengelola MAS mematok harga setiap nasi kotak Rp 11.000. “MAS mengundang partisipasi masyarakat atau jamaah jika ingin menyumbangkan atau ikut bershodaqoh untuk kegiatan tersebut,” katanya.

Selain ta’jil dan berbuka bersama, pada sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadan, MAS juga menyelenggarakan sahur bersama yang sebelumnya diawali dengan kegiatan i’tikaf dan sholat tahajud bersama. Untuk sahur bersama, MAS akan membagikan 500 nasi kotak. (Humas MAS)