RAJAWARTA : Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Prodi IP UMY) maraih hasil memuaskan dengan mendapatkan akreditasi A. Adapun skor yang diraih Prodi IP UMY, 371. Skor ini sekaligus ‘menobatkan’ Prodi IP UMY sebagai peraih akreditasi tertinggi di Indonesia.

Prestasi gemilang ini terlihat dari Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan (SK) dengan nomor 1988/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 pada (18/6).

Ketua Prodi IP UMY, Muchamad Zaenuri, mengatakan, untuk meraih prestasi ini lebih dulu harus menempuh jalan terjal. “Pengembangan kualitas berkelanjutan sudah kami lakukan selama belasan tahun. Tentu saja kalau memakai kacamata BAN-PT ada tujuh standar indikator. Tapi yang pertama dan utama yang kami tingkatkan adalah kualitas SDM. Dosen kami sebagian besar sudah menjadi doktor dan kami juga punya satu guru besar. Dosen-dosen itu juga memiliki karya dan kiprah di tingkat internasional,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya Kampus Terpadu UMY pada Selasa (2/7).

Pada prinsipnya, untuk mencapai puncak prestasi, selain meningkatkan kualitas dari tenaga pendidik, Prodi IP UMY juga mendorong dan mendukung mahasiswa untuk berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

Dengan menggalakkan program internasional. Ratusan mahasiswa asing telah menuntut pendidikan di Prodi IP UMY.

“Mahasiswa memang kami dorong untuk berprestasi dan data yang kami dapat menunjukkan prestasi mahasiswa tinggat internasional sebanyak 60 persen sedangkan untuk nasional sebanyak 40 persen. Program internasional juga terus ditingkatkan, banyak mahasiswa asing berkuliah di sini dan juga banyak mahasiswa kita yang berkuliah di luar negeri,” katanya. (sbr/muh)