RAJAWARTA : Di musim haji tahun 2019 segala persiapan dilakukan. Hal itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah haji asal Indonesia. Salah satu yang dinyatakan siap adalah pos pelayanan haji di daerah kerja Makkah.

Hal ini dikemukakan Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Subhan Cholid,di Makkah. Subhan mengatakan, pihaknya telah melakukan pembagian pos petugas serta pengecekan awal fasilitas haji di Makkah.

“Sejak tim advance tiba di Saudi selain koordinasi internal dan external, kita melakukan konfigurasi penempatan petugas baik di daker maupun sektor. Kami juga melakukan pengecekan hotel jemaah, kesiapan transportasi, dan sebagainya,” tutur Subhan, Minggu (07/07).

Dia menjelaskan, pada musim haji 1440H/2019M jumlah petugas PPIH yang akan bertugas di Makkah berjumlah 1.203 orang. Mereka akan dibagi pada Kantor Daker, 11 sektor, satu sektor khusus Haram, KKHI, empat terminal serta sembilan layanan rute bus shalawat.

“Setibanya di Makkah mereka akan langsung menempati posnya masing-masing dan segera mempersiapkan pelayanan bagi jemaah haji,” tuturnya.

Di musin haji tahun ini tuturnya, tahun ini pemerintah telah menyediakan 173 hotel yang berada pada tujuh zonasi dan terbagi dalam 11 sektor. “Di Makkah, jemaah juga akan mendapat layanan Bus Shalawat yang terdiri dari sembilan rute yang dioperasikan oleh dua perusahaan,” ujar Subhan.

Subhan mengaku layanan-layanan tersebut telah siap untuk beroperasi. Termasuk layanan katering yang akan dikelola 36 perusahaan maupun layanan angkutan antarkota. “InsyaAllah semua siap beroperasi untuk melayani jemaah haji Indonesia,” kata Subhan.