RAJAWARTA : Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jawa Timur ke VI tahun 2019 resmi dibuka Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (KIP). Acara ini dihadiri beberapa pejabat, mulai dari Wagub Emil Elestianto Dardak, Pangdam V Brawijaya Whisnoe PB, serta Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung, dan jajaran bupati yang menjadi tuan rumah Porprov Jawa Timur, di Stadion Surajaya Kabupaten Lamongan, Sabtu (6/7/2019) malam.

“Dengan melibatkan 10.302 atlet dan official yang bertanding di 525 nomor pertandingan di 42 cabang olahraga, hal ini menjadikan Porprov Jawa Timur ke VI tahun 2019 menjadi ajang pekan olahraga terbesar di Indonesia,” ujar Gubernur Jatim, Khofifah dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, KIP manaruh harapan agar ivent ini menjadi forum penguat dalam membangun persatuan, persaudaraan dan membangun kehidupan olahraga yang menjunjung sportivitas objektivitas.

Sementara Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung dalam sambutannya mengatakan, Dengan tema Jatim menembus dunia, pihaknya optimistis dengan kebijakan baru Porprov dijadikan ajang dua tahunan akan menumbuhkan dampak positif bagi anak-anak di Jatim.

Airlangga menjelaskan Porprov kali ini diselenggarakan di empat kabupaten. Selain Lamongan juga dilaksanakan di kabupaten Gresik, Kabupaten Tuban, dan Kabupaten Bojonegoro.

“Di Gresik akan ada pertandingan dari 9 cabor, di Lamongan 10 cabor, di Tuban 12 cabor dan di Bojonegoro 12 cabor,” pungkas Erlangga.

Sebanyak 7.818 atlet dan 2.848 official pun melakukan deville mengitari Stadion Surajaya menyapa para penonton dan bersapa dengan jajaran pejabat mulai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wagub Emil Elestianto Dardak, Pangdam V Brawijaya Whisnoe PB, serta Ketua KONI Jatim Erlangga Satriagung, dan jajaran bupati yang menjadi tuan rumah Porprov Jawa Timur. [red]