RAJAWARTA : Dalam Rangka pencegahan dan penanggulangan kebakaran terhadap Pertamini di Kawasan Sidoarjo, Polresta Sidoarjo memprakarsai pertemuan pemilik Pertamini di Aual Bharadaksa Polresta (16/7/2019).

Pertemuan para pemilik Pertamini ini menghadirkan instansi terkait dari Dinas Perijinan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pemadam Kebakaran Kabupaten Sidoarjo. Rakor pencegahan dan penanggulangan kebakaran terhadap pertamini ini melalui sosialisasi aplikasi DELTA SIAP.

“Para pemilik Pertamini atau pegawainya, dapat dengan memaanfatkan aplikasi Delta Siap. Di dalam aplikasi ini masyarakat dapat menekan panic button. Misalkan bila terjadi kebakaran di lokasi pertamini dapat melaporkan melalui panic button di Delta Siap,” jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho.

Zain mengungkapkan, berdasarkan laporan masyarakat tersebut personel Kepolisian atau instansi terkait lainnya, yang posisi dekat berada di TKP dapat segera merapat guna melakukan tindakan.

Dalam kesempatan ini, Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait dan pemilik Pertamini berdiskusi terkait berbagai cara dan upaya pencegahan dan penanggulangan terjadinya bahaya kebakaran terhadap Pertamini.

Misalnya larangan tidak merokok di area Pertamini, penyediaan apar, menghindari bahan-bahan yang dapat mudah terbakar seperti kayu, kertas dan kain, pemberian pelindung pada selang pengisian Pertamini, dan sebagainya.

“Sosialisasi ini sangat perlu kami lakukan agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, mengingat begitu banyaknya jumlah Pertamini di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” tambah Kapolresta Sidoarjo.(lik)