istimewa/ant

RADJAWARTA : Untuk menjaga kesehatan para petugas yang menjaga pelaksanaan pemilu hingga perhitungan suara di Pemilu 2019 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar Jawa Timur melakukan pemerinksaan secara intens kepada semua petugas. Dalam hal ini Pemkab Blitar melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan pihak kepolisian.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Kita inginnya semua petugas sehat, tapi namanya tenaga manusia bila diforsir terus bisa lelah akhirnya bisa sakit,” jelas Bupati Blitar Rijanto di Blitar (21/4).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Bersama Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridha, Bupati juga melakukan pemantauan ke sejumlah lokasi untuk memastikan rekapitulasi di tingkat PPK berjalan lancar dan aman. Dalam pemantauan ditemukan petugas yang kelelahan.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Melihat fakta tersebut, Rijanto memerintahkan pada tim Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar untuk selalu siaga dengan melakukan pengecekan kesehatan pada seluruh petugas.

Dalam menjalankan perintah Bupati, Dari Dinas Kesehatan menyiagakan tiga tenaga medis dan satu ambulans di masing-masing PPK. Selain itu, pihak Dinas Kesehatan juga menyediakan ruangan khusus untuk perawatan bagi anggota yang bertugas.

“Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kondisi fisik personel serta mengetahui apabila ada keluhan terkait kesehatan personel yang melaksanakan tugas di PPK selama proses pengamanan,” ujar Kapolres.

Anisullah berharap kerjasama dengan Pemkab Blitar ini bisa petugas bisa tetap siaga dalam menjalankan tugasnya. “Dengan diadakannya pemeriksaan secara berkala bagi petugas, kami berharap petugas pengamanan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa melaksanakan tugas secara maksimal selama pengamanan di PPK hingga kotak suara bergeser ke KPU nanti,” kata dia. (sbr/ant)