RAJAWARTA : Plt Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari mengumumkan nama-nama pengurus hasil restrukturisasi organisasi dalam rapat pleno di Kantor DPC Partai Demokrat Surabaya, Minggu (26/7/2020) malam. Seperti disampaikan sebelumnya, 90 persen dihuni wajah-wajah lama.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Rapat semalam hanya mengumumkan nama-nama saja, bukan posisi. Jumlahnya ada sekitar 70 orang, “ujar Lucy Kurniasari ketika dikonfirmasi Senin (27/7).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Dalam restrukturisasi atau validasi organisasi yang merupakan instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat No 39 Tahun 2020 ini, Lucy merangkul kader-kader potensial, tokoh masyarakat, profesional, dan kaum milenial. Bahkan, wajah-wajah lama seperti Sachiroel Alim (mantan Ketua Komisi C DPRD Surabaya), Dadik Risdaryanto (mantan Ketua DPC Demokrat Surabaya) dan Muchaeni, diajak bergabung kembali untuk membesarkan Partai Demokrat meraih kejayaan seperti di era Whisnu Wardana (periode 2009- 2014). Kala itu Partai Demokrat Surabaya berjaya dengan meraih 16 kursi di DPRD Surabaya. Namun prestasi luar biasa itu gagal dipertahankan pada periode 2014-2019. Seakan terjun bebas, Partai Demokrat hanya meraih lima kursi. Kemudian turun lagi menjadi empat kursi pada periode 2019-2024.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Selain itu, kuota 30 persen perempuan dalam kepengurusan juga sudah terpenuhi.

Sementara di sela-sela rapat pleno, dilakukan penandatanganan pakta integritas. Ini penting mengingat persyaratan untuk menjadi pengurus DPC Partai Demokrat Surabaya harus bersedia menandatangani pakta integritas.

Dari 70 pengurus yang diundang, ada sekitar enam orang yang tidak hadir dan belum menandatangani pakta integritas tersebut.
” Ya, dalam organisasi itu biasa, ada yang mau ada yang enggak mau.
Mereka yang belum teken pakta integritas masih kita beri waktu. Jika sampai batas waktu tidak merespons, ya kita tinggal. Kita tidak mau memaksa,” tegas dia.

Lebih jauh, Lucy yang juga mantan Ning Suroboyo ini menjelaskan, nama-nama susunan pengurus itu nantinya akan dikirim ke Jakarta (DPP). “Jika SK dari DPP nanti turun akan kita umumkan ke publik, “ungkap dia.

Lucy berharap pengurus baru nanti lebih solid dan lebih berkembang lagi, mengingat tantangan yang dihadapi Partai Demokrat ke depan cukup berat. Karena Partai Demokrat mematok target menang pada Pemilu 2024 dan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon Presiden RI 2024-2029. Sementara agenda terdekat adalah memenangkan Machfud Arifin pada Pilkada Surabaya, 9 Desember 2020..(be)