RAJAWARTA ; Untuk mengantisipasi meluasnya penyakit akibat dari kekeringan, misalnya penyakit Hepatitis A seperti yang terjadi di Pacitan. Pemprov Jatim saat sedang fokus menyuplay air ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan.

Dalam keterangannya, Khofifah Indar Parawansa (KIP) mengatakan, saat ini Pemprov Jatim sedang menyuplay air ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan agar masyarakatnya tidak terjangkit penyakit seperti Hepatitis A.

Terkait dengan penyakit Hepatitis A menurut KIP sangat berhubungan erat dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Terutama yang berkait dengan air besih,” cetus KIP, kemarin.

Menanggapi penyakit Hepatitis A yang menyebar luas hingga ke depalan Kecamatan. Pemprov Jatim tukas KIP, saat ini sudah mulai berkurang. “Layanan dimaksimal di Puskesmas,” ujar KIP.

Untuk mengatasi meluasnya kekeringan, berbagai upaya akan dilakukan oleh KIP. Salah satunya dengan cara melibatkan banyak pihak. Bahkan, KIP juga berencana melibatkan pengusaha untuk membantu distribusi air bersih ke daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

“Selama 60 hari kemungkinan tidak ada hujan di Jatim, kami rapat lebih luas lagi dengan TNI dalam hal suplai air bersih. Kami juga mengundang pelaku bisnis di Jatim turut membantu suplai air bersih,” ujarnya. (sbr/SS)