RAJAWARTA : Pemerintah Kota Surabaya (Pemkos) menerima penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Kota Terbaik I tahun 2020 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Penghargaan tersebut, diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (27/04/2020).

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Penganugerahan penghargaan tersebut, dilakukan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 Provinsi Jawa Timur.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, penghargaan yang diterima ini, karena pemkot dinilai berprestasi dalam menghasilkan perencanaan yang berkualitas dan mencapai target-target pembangunan di Kota Pahlawan.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Penghargaan yang diterima ini karena apa yang direncanakan Pemkot Surabaya di awal, tengah, hingga akhir tahun sesuai on track, naik terus,” kata Febriadhitya saat ditemui seusai acara.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih pemkot berdasarkan indikator-indikator yang dipasang itu berjalan on the track. Selain itu, indikator-indikator yang sudah tercopy dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) itu meningkat. “Jadi desain perencanaan sudah betul sudah sesuai on track dengan pelaksanaannya,” katanya.

Febriadhitya menjelaskan, angka indikator penilaian tersebut, diantaranya pertumbuhan ekonomi yang meningkat, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang tinggi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) meningkat. Selain itu, Opini BPK hingga 2019 selalu WTP (Wajar tanpa pengecualian).

“Kemiskinan turun, IPM juga naik. Jadi desain perencanaan sudah betul, sudah sesuai on track dengan pelaksanaannya. Makanya hasilnya pun support, hasilnya IPM bagus,” katanya.

Ia menyebut, indikator penilaian lain adalah kesesuaian tema di dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) tahun 2019 Pemkot Surabaya itu sesuai dengan pemerintah pusat. Artinya, ada keterkaitan antara RPJMD tahun 2016-2020 dengan RKPD tahun 2020.

“Jadi setiap tahun ada tema. Nah tema itu kita bisa menyesuaikan antara pemerintah pusat dengan kabupaten/kota,” ujarnya.

Febri menambahkan, anugerah penghargaan ini merupakan hasil kerja Pemkot Surabaya di tahun 2019 yang diserahterimakan di tahun 2020. “Jadi ini merupakan hasil kerja Pemkot Surabaya di tahun 2019, yang diterimakan (penghargaan) tahun 2020,” pungkasnya. (*)