RAJAWARTA : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melepas Sebanyak 890 Calon Jemaah Haji (CJH) dari kloter 22 dan 23, berangkat haji, Sabtu (13/07/2019). Pelepasan CJH tersebut dilakukan Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron dari Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Jl Raya Raci Bangil, tepat pukul 5 sore.

Acara pelepasan CJH itu juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan; Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia), KH Nurul Huda; Pengasuh Ponpes Darullughoh Wad Da’wah Raci, Habib Ali Zainal Abidin bin Hasan Baharun dan undangan lainnya.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan menjelaskan, kloter CJH Kabupaten Pasuruan dibagi menjadi 4 kloter, yakni kloter 22,23, 24 dan 72.

Untuk kloter 22 dan 23 diberangkatan terlebih dulu. Sedangkan kloter 24 diberangkatan sehari setelahnya, yakni Minggu (14/07/2019) pagi dari Kantor PCNU Kabupaten Pasuruan, Warungdowo. Dan kloter 72 berangkat tanggal 31 Juli mendatang. Total CJH Kabupaten Pasuruan yang berangkat haji tahun ini mencapai 1377 orang.

“Total seluruhnya ada 1.377 CJH, untuk kloter 22,23 dan 24 seluruhnya ada 445 CJH dan sisanya masuk kloter 72,” kata Imron, di sela-sela acara.

Dijelaskannya, untuk CJH yang berangkat awal, langsung menginap semalam di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Baru keesokan harinya bertolak ke Tanah Suci.

“Menginap satu hari di Asrama untuk mengikuti pembinaan dan penjelasan. Baru sehari setelahnya langsung diterbangkan ke Tanah Suci Makkah,” imbuhnya.

Gus Mujib Imron dalam sambutannya mengaku sedang karena telah memberangkatkan para tamu Allah. Bahkan dia mendoakan CJH Kabupaten Pasuruan diberikan kesehatan selama menjalankan rukun haji, dan kembali ke tanah air sebagai Haji yang Mabrur.

“Tak lupa kita di Pasuruan, baik Pemkab Pasuruan dan masyarakat menitipkan doa agar kami di Pasuruan bisa Naik Haji dan Umroh seperti saudara sekarang ini. Satu lagi, kami juga memohon doa agar Pasuruan diberikan barokah, sejahtera, damai dan masyarakat yang guyub rukun dan membangun Kabupaten Pasuruan yang lebih sejahtera, maslahat dan berdaya saing,” jelasnya. Gus Mujib juga berpesan kepada semua CJH agar menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji. “Kita harapkan CJH bisa menjaga kesehatan, karena saat ini di Tanah Suci cuaca cukup panas, tapi dengan niat berhaji, InsyaAllah dijaga oleh Allah,” doanya. (hms/psr)