istimewa/ant

RAJAWARTA : Di Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah Pelindo III menyalurkan hewan kurban senilai Rp 4 milyar. Hewan kurban itu dibagikan kepada tujuh Provinsi di wilayah kerjanya.

Video Pilihan Anda :

Hal tersebut disampaikan Dirut Pelindo III Doso Agung dalam keterangan persnya. Doso mengungkapkan, untuk tahun ini hewan kurban yang disalurkan jumlahnya ratusan ekor.

“Total jumlah hewan kurban yang disalurkan Pelindo III pada tahun ini mencapai 344 ekor, yang terdiri dari 143 sapi dan 201 kambing,” katanya, kemarin.

Video Pilihan Anda :

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tahun ini Pelindo III menambah alokasi sapi dari 126 menjadi 143 ekor. Penambahan itu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di daerah.

Dia menjelaskan, daging-daging sapi yang sudah dipotong-potong dibagikan kepada masyarakat di sekitar Pelabuhan dan terminal yang dikelola Pelindo III.

“Kami harap apa yang dilakukan ini tidak hanya menjadi ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetapi juga mendekatkan silaturahmi dengan masyarakat sekitar tempat usaha kami,” ujarnya.

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, menyediakan 56 ekor sapi kurban, setelah dipotong-potong diperkirakan menghasilkan sekitar 4.000 kantong yang dibagikan dengan sistem kupon kepada warga yang membutuhkan, seperti pekerja informal, dan para Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan.

Di Bali, Pelindo III membagikan hewan kurban berupa 1 ekor sapi dan 14 ekor kambing melalui kerja sama dengan Yayasan Dompet Sosial Madani (DSM), untuk berkontribusi pada penyaluran hewan kurban ke daerah pelosok.

Pelindo III mengoperasikan hingga 43 pelabuhan dan terminal di Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. (sbr/ant)