RADJAWARTA : Usai penghelatan Pemilu 2019, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memanfaatkan bekas Alat Peraga Kampanye (APK) seperti spanduk untuk dijadikan produk kreatif.

“Pas Hari Bumi 22 April, pas selesai kita melakukan kampanye dimana sampah spanduk-baliho banyak menumpuk. Kita bisa manfaatkan limbah tersebut untuk produk kreatif yang bermanfaat,” jelas Bang Bodi ketua bidang ekuintek dan lingkungan hidup PKS Jaksel (22/4).

Bang Bodi sangat mengapresisasi warga dan komunitas yang kreatif untuk menghasilkan barang-barang berguna dari sampah dan limbah dari APK. Dimana APK tersebut dijadikan Kantong Sampah multipakai. “Dengan demikian sampah tersebut tidak berakhir dan menumpuk di tempat pembuangan Akhir (TPA),” ujarnya.

Dia menjelaskan tidak semua APK bisa dijadikan kantong sampah, tapi sebelum diproduksi harus dipilih dulu bahanya yang tebal, kuat, tahan air, dan kondisi masih bagus. “Bahan spanduk dapat bertahan dama jangka waktu yang lama dibandingkan plastic,” jelasnya.

“Kita harus bisa menggabungkan antara sentuhan seni dan kreativitas untuk mengolah bahan-bahan bekas ini, harapannya bisa menjadi produk yang menghasilkan uang. Selain mengirit modal bahan baku, juga bisa untuk mengurangi sampah,” ungkap Bang Bodi.

Salah satu produk tas dari sisa sampah spanduk atau baliho yang kreatif dan menarik adalah produk yang dipajang di akun instagram @ernawith3z (hms/rill)