RADJAWARTA : Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan selain jalan tol, semua jalan nasional yang rusak akan diperbaiki dan akan selesai H-10 Lebaran.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Basuki mengatakan, belakangan ini pihaknya sudah memantau semua jalan nasional untuk menyambut mudik lebaran. “Hari-hari ini kami eselon 1 itu keliling semua untuk mengecek jalan nasional non tol untuk kesiapan mudik lebaran,” ujarnya saat mendampingi Presiden Jokowi meresmikan tol Pandaan-Malang, Senin (13/5/2019).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Dia menjelaskan, jalan nasional non tol yang mengalami kerusakan berada di jalur Lintas timur, yakni di ruas Palembang-Jambi. Panjang jalan yang mengalami kerusakan sepanjang 236 KM.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Sedangkan di Pulau Jawa, menurut Basuki jalan nasionalnya masih terbilang aman. Namun, pihaknya tetap memerintahkan Dirjen Bina Marga untuk menyusuri jalan di Pantura termasuk di Jawa.

“Semua kami cek, di Pantura ini nanti pak Dirjen nanti pulang dari sini lewat jalur darat sama mengecek jalan,” ujarnya.

Basuki menambahkan, sebenarnya untuk perbaikan jalan di Jalintim sudah dilakukan dua kali lelang, namun masih ada kendala dan lelangnya diulang lagi. “Lelang dua kali batal tidak berhasil, sekarang dalam keadaan lelang lagi. Kami tidak mau sembrono karena soal uang ini,” katanya.

Untuk jalan daerah Lumajang dan Probolinggo Basuki berjanji akan segera dibenahi. Sedangkan jalan Surabaya-Ngawi masih dalam pemantauan (sbr/ss)