RAJAWARTA : Memasuki musim penghujan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini getol berkeliling untuk meninjau beberapa lokasi penting di wilayah Kota Pahlawan, Rabu (18/12/2019). Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengantisipasi genangan air.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Seperti halnya hari ini, Wali Kota Risma bersama jajarannya meninjau dua lokasi. Pertama, di Jalan Pattimura Kecamatan Sukomanunggal Surabaya, yang bakal dibangun tempat penampungan air. Selain itu, ia juga meninjau progres pengerjaan rumah Pompa Petekan yang terletak di ujung Sungai Kalimas.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Wali Kota Risma mengatakan, di lokasi Jalan Pattimura tersebut, Pemkot Surabaya bakal membangun tempat penampungan air baru. Tujuannya untuk mengatur jalannya air agar tidak turun deras (meluber).

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

“Di situ dibangun saluran penampung air agar airnya tidak turun deras ke penurunan itu tadi. Jadi supaya turunnya tidak nggrojok langsung. Makanya, kita buat saluran baru dan pelebaran,” kata Wali Kota Risma di sela meninjau lokasi Jalan Pattimura, Surabaya.

Ia menjelaskan, penampungan air seperti itu, sebelumnya sudah pernah dikerjakan untuk menyelesaikan permasalahan genangan air yang terjadi di Jalan Mayjend Sungkono. Bahkan, upaya tersebut berhasil mengatur aliran debit air yang mengalir.

“Itu persis saat kita menyelesaikan di Jalan Mayjend Sungkono. Makanya bisa clear seperti itu karena aliran airnya kita arahkan,” katanya.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya ini mengungkapkan, bahwa semakin lama di wilayah tersebut makin padat perumahan. Makanya, pihaknya kemudian menambah saluran air sebanyak-banyaknya. Hal ini bertujuan agar kawasan sekitar aman dari genangan air.

“Artinya kalau banyak dibangun perumahan maka serapan airnya juga berkurang. Itu kenapa pemasangan saluran air tidak hanya tahun ini saja. Tahun mendatang juga,” paparnya.

Seusai meninjau lokasi di Jalan Pattimura, Wali Kota Risma kemudian menuju lokasi sidak kedua di rumah pompa Petekan yang terletak di ujung Sungai Kalimas.

Di lokasi itu, Wali Kota Risma ingin memastikan progres perkembangan pembangunan. Disamping itu pula, ia juga mendorong kepada pekerja proyek agar lebih cepat dalam merampungkan proyeknya.

“Sebenarnya targetnya di tanggal 27 bulan ini, tetapi aku minta lebih cepat. Sebenarnya bisa cuma mereka (pekerja proyek) ragu-ragu,“ tegasnya.

Menariknya, di sela-sela sidaknya, Wali Kota Risma juga memberikan motivasi kepada pemborong untuk berani ambil resiko dan keputusan. “Jadi kalau aku ngasih waktu tiga hari sebetulnya cukup hanya mungkin takut. Maka itu tak dorong lebih cepat menyelesaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya, Erna Purnawati menambahkan, pembuatan penampungan di Jalan Pattimura itu langsung akan mulai dikerjakan  besok Kamis (13/12/19). “Kami akan langsung kerjakan besok dan prediksi selesai sekitar satu bulan mendatang,” pungkas dia. (*)

Bacaan Belum lengkap sebelum lo ekspresi Walikota Surabaya saat di Lapangan :