RADJAWARTA : Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) “Minaula” Kendari dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) Oriz Al Dzikri Sowite, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Lanjut Usia. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja LRSLU “Minaula” Kendari dalam Rangka Pendampingan Pelaksanaan Pengembangan Program _Home Care_ bagi lanjut usia non potensial.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Kegiatan Bimtek Pendampingan Lanjut Usia ini telah dilaksanakan di Dinas Sosial Kabupaten Muna pada tanggal 27 April 2019 yang dihadiri oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Kabupaten Muna, Kepala Puskesmas Katobu, pengurus serta pendamping lansia LKS-LU Oriz Al Dzikri Sowite.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Danang Prasetya Utomo, petugas LRSLU “Minaula” Kendari dalam sambutannya mengatakan, “Lanjut usia non potensial sudah selayaknya diberikan perhatian khusus terlebih lagi bagi lanjut usia yang hidup sebatang kara yang membutuhkan peran pendamping lansia, sehingga dengan diadakannya Bimtek ini bisa menjadi bekal ilmu dan kemampuan praktis bagi pendamping lansia dalam menjalankan peran dan tugasnya”.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Program pendampingan lansia ini juga didukung oleh Mustafa selaku Kepala Puskesmas Katobu yang mengharapkan bisa men-sinkronkan kegiatan kunjungan rumah Puskesmas dengan kegiatan pendampingan pelaksanaan _Home Care_ dalam mengatasi masalah bio-psiko-sosio-spiritual lanjut usia.

Dalam kesempatan ini, pendamping lansia beserta pengurus LKS dibekali materi pembelajaran mengenai _Basic_ Kelanjutusiaan, _Fundraising_ dan Teknik Penggalangan Kemitraan, Manajemen Organisasi Nirlaba, Tehnik Pendampingan serta Tahapan Pendampingan Lanjut Usia, yang notabene merupakan dasar utama bagi seorang pendamping lansia dalam melaksanakan tugas dan perannya di lapangan. Disamping itu, pendamping lansia juga diberikan motivasi dan penguatan untuk senantiasa bekerja dengan ikhlas yang dilandaskan dengan rasa cinta dan kasih sayang.

“Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi kepada semua pihak terutama para pendamping lansia yang telah mengikuti kegiatan Bimtek Pendamping Lansia ini. Semoga dengan diadakannnya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan lanjut usia di Kabupaten Muna”, tutur La Takari, selaku Kabid Rehsos Dinas Sosial Kabupaten Muna, yang dalam kesempatan ini telah membuka sekaligus menutup kegiatan yang diikuti oleh 18 orang peserta dari pengurus LKS, pendamping, tokoh masyarakat, dan Dinas Sosial Kabupaten Muna.

Pengurus LKS-LU Oriz AL Dzikri Sowite Lisna juga mengharapkan, dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah _skill_ bagi pendamping lansia, serta kerjasama yang telah terjalin dapat berjalan harmonis, sehingga untuk kedepannya di Kabupaten Muna ini, bisa menjadi awal terwujudnya kota ramah lansia. (sbr/kemsos)