RAJAWARTA : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, Jawa Timur menggelar festival Pegon dengan kemasan Waton Parade 2019, tujuan dari festival ini adalah melestarikan tradisi masyarakat. Rencananya gelaran Waton Parade ini akan digelar di tempat Wisata Watu Ulo.

Video Pilihan Anda :

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anas Ma’ruf menjelaskan, dalam festival ini akan diisi dengan beberapa kegiatan yang menarik. “Salah satu kegiatan yang akan meramaikan acara itu adalah festival bakar ikan dan pengumuman Gus dan Ning 2019,” jelas, Anas kemarin.

Menurut Anas festival bakal bakal ikan harus diikutkan dalam acara itu karena ini merupakan program pemerintah agar masyarakat gemar makan ikan.

Video Pilihan Anda :

“Waton parade ini untuk menggerakkan potensi ekonomi local dan memberdayakan masyarakat sekitar, sehingga acara ini betul-betul menjadi acara masyarakat,” ungkapnya.

Untuk festival ikan panitia menyediakan 200 kuota peserta, selain tempat bakar ikan, panitia juga menyediakan peralatan lainnya seperti arang dan kipas.

Penitia juga menyediakan dua ekor ikan dan nasinya, serta bumbu ikannya. Jadi peserta bisa langsung menikmati hasil bakar ikannya.

Pendaftaran bisa dilakukan di kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, kantor Kecamatan Ambulu, serta kantor Desa Sumberejo. Tidak ada biaya pendaftaran alias gratis.  “Nanti peserta juga wajib mengenakan pakaian adat,” terangnya.

Waton (Watu Ulo Pegon) Parade 2019 digelar pada 23 Juni 2019 mulai pukul 07.00 hingga 18.00. Titik berangkat di Balai Desa Sumber Rejo dan selesai di Pantai Watu Ulo. (hms/jbr)