RAJAWARTA : Sebelum mengikuti lomba Guru berprestasi dan berdedikasi, 31 Guru Sejatim menemui Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya (9/8/2019). Para guru dan tenaga kependidikan tersebut akan mengikuti lomba di tingkat nasional dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia pada tanggal 12-18 Agustus 2019 di Jakarta.

Video Pilihan Anda :

Pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional di Jakarta diselenggarakan di empat tempat kegiatan lomba dengan pembagian kategori berdasarkan kategori guru jenjang pendidikan PAUD dan Dikmas, guru jenjang pendidikan dasar, guru jenjang pendidikan menengah, serta kategori tenaga kependidikan pendidikan dasar dan menengah.

Disela menerima 31 guru tersebut, Khofifah memberikan semangat kepada para guru dan tenaga kependidikan yang akan berjuang di Jakarta. Khofifah berharap agar para guru asal Jawa Timur mampu meraih prestasi di tingkat nasional. Dan, menjadi referensi bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Video Pilihan Anda :

“Para guru dan tenaga kependidikan yang terbaik di tingkat provinsi, sekarang akan berjuang di tingkat nasional. Ketika mendapatkan apresiasi, harus menjadi referensi bagi yang lain,” ujar orang nomor satu di Jatim.

Gubernur Khofifah juga berpesan, bahwa tugas guru saat ini berat karena berhadapan dengan digitalisasi informasi dan teknologi yang dahsyat. Perkembangan ini harus diikuti dengan peningkatan kualitas guru secara kontinyu.

“Banyak hal yang mengalami percepatan perubahan inovasi dan teknologi yang luar biasa, termasuk di dalamnya metode belajar – mengajar,” jelas gubernur perempuan pertama di Jatim.

 Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jatim Hudiyono mengatakan, sebelum tahun 2019, tepatnya pada tahun 2018 guru-guru di Jawa Timur telah meraih prestasi yang membanggakan.

“Guru dan tenaga kependidikan mampu meraih kejuaraan terbanyak se-Indonesia pada pemilihan guru dan kependidikan berprestasi dan berdedimasi tingkat nasional. Dari 35 kategori yang dilombakan, saat itu Jatim berhasil membawa pulang 20 kejuaraan yang merupakan perolehan terbanyak sepanjang lomba semacam ini di tingkat nasional,” jelasnya. (b5)