RAJAWARTA : Setelah melalui beberapa pembahasan, akhirnya delapan Fraksi di DPRD Surabaya, terbentuk. Terbentuknya delapan fraksi tersebut disampaikan, Ketua DPRD Surabaya Sementara, Adi Sutarwiyono kepada pewarta yang berhasil menemuinya.

Video Pilihan Anda :

Dalam keterangannya, politisi yang biasa disapa Awi ini menjelaskan, bahwa dirinya telah menerima surat dari pimpinan dari masing-masing Partai yang memperoleh kursi di Yos Sudarso.

Adapun inti isi surat dari pimpinan partai tersebut menjelaskan sejumlah susunan mulai dari ketua, sekretaris, bendahara dan anggota Fraksi. “Surat dari Pimpinan Partai-partai politik sudah masuk semua. Berisi susunan personalia fraksi-fraksi di DPRD Surabaya,” jelasnya, kemarin.

Video Pilihan Anda :

Dijelaskan Awi, jumlah fraksi yang terbentuk periode 2019-2024 sama dengan periode sebelumnya, yakni sebanyak delapan fraksi. Ke delapan fraksi itu antara lain, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Golkar, Fraksi PSI, Fraksi Demokrat-Nasdem dan Fraksi PAN-PPP.

“Iya benar ada delapan Fraksi PDIP, Fraksi Kebangkitan Bangsa, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Golkar, Fraksi PSI, Fraksi Demokrat-Nasdem dan Fraksi PAN-PPP,” tambah pria yang akrab disapa Awi itu.

Selanjutnya tukas Awi, delapan fraksi yang sudah terbentuk itu akan diumumkan dan disahkan dalam rapat paripurna. Rencananya, rapat paripurna itu akan digelar minggu depan, tepatnya hari Senin (2/9/2019).

“Itu akan diumumkan dalam rapat paripurna DPRD Kota Surabaya, Senin 2 September 2019, siang,” tutur ketua DPC PDIP Kota Surabaya.

Setelah fraksi partai terbentuk, lanjut Awi, selanjutnya pihaknya akan mengundang para fraksi. Undangan itu akan membahas mengenai tata tertib DPRD Surabaya.

“Setelah Fraksi-Fraksi terbentuk, pimpinan sementara akan mengundang untuk membahas Tata Tertib DPRD Kota Surabaya,” pungkas Awi. (dtk).