RAJAWARTA : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kembali menganugerahi penghargaan Kabupaten Jember sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Penghargaan bergengsi itu diterima Bupati Jember dr Hj Faida MMR di Hotel Four Point Makasar, Sulawesi Selatan. Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA Yohana Susana Yambise.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Kepada sejumlah pewarta usai menerima penghargaan, Faida mengaku bersyukur atas apresiasi yang diberikan kementerian PPPA kepada Kabupaten Jember.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Prestasi ini ungkap Faida, hasil kerja kolektif antara Pemkab Jember dengan semua elemen masyarakat. “Ini adalah buah dari hasil kerja bersama berbagai elemen dalam memastikan pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Jember,” katanya.

Bagi Pemkab Jember, capaian ini mendorong optimisme untuk meraih KLA kategori madya. Terlebih sebenarnya tinggal sedikit lagi Jember bakal berada di ketegori madya.

“Oleh karena itu, kami mengapresiasi seluruh pihak yang telah berikhtiar sehingga Jember kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak,” ujar Bupati.

Seperti diketahui kategori KLA mulai dari Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA (paripurna). Kategori Pratama ini diraih Jember untuk kali kedua.  Tahun 2018, penghargaan kategori ini diberikan di Surabaya.

Untuk berada di kategori madya, lanjut Bupati, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dituntaskan bersama-sama dengan sejumlah pihak; lembaga swadaya masyarakat, aktivis pemerhati isu anak, dunia usaha, dan kalangan media.

“Yang tak kalah penting adalah peran keluarga. Karena bagaimanapun peran orang tua sangat diperlukan untuk menjadikan anak hebat dan gembira,” tuturnya.