RAJAWARTA : Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membuka kejuaraan balapan bertajuk Drag Race: Surabaya Racing Project di Sirkuit Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (27/7/2019). Event balapan itu memperebutkan piala Wali Kota Surabaya.

Pembukaan kejuaraan itu ditandai dengan Wali Kota Risma ikut naik mobil drag salah satu peserta bernama Eva Maria Ulfa (22), pembalap dari komunitas Brionesia Gresik. Sambil menggunakan helm keselamatan warna putih yang diberikan oleh panitia, ia pun masuk mobil secara perlahan dan ikut mencoba balapan lintasan lurus itu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wardhana mengatakan peserta yang ikut event ini berasal dari penjuru Indonesia. Ada yang dari Kalimantan, Sulawesi, Makasar dan ada pula dari Lampung serta sekitar Surabaya. “Totalnya sekitar 500 orang, yang peserta mobil 300 orang dan sepeda motor 200 orang. Mereka akan memperebutkan piala Wali Kota Surabaya,” kata dia.

Afghani menjelaskan, yang paling penting dalam event ini adalah pemanfaatan sirkuit yang maksimal untuk mencegah kebut-kebutan di jalanan. Sebab, sirkuit itu memang dibuat untuk latihan dan juga untuk penyelenggaraan event tournament. “Dan kebetulan hingga saat ini masih gratis,” tegasnya.

Oleh karena itu, ia juga mengajak anak-anak Surabaya yang mempunyai hoby kebut-kebutan atau balapan motor liar di jalanan Surabaya, diharapkan bergabung dan latihan di sirkuit GBT itu. Ia juga mengaku akan senang apabila sirkuit itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena tujuan pembangunannya memang untuk mengurangi kebut-kebutan di jalanan. “Tapi tetap seperti yang disampaikan Bu Wali, harus tetap safety,” pungkasnya. (*)