istimewa

RADJAWARTA : Dishub Jawa Timur terus melakukan antisipasi untuk menjaga kenyamanan, keselamatan para pemudik tahun ini, apalagi tahun ini diprediksi jumlah pemudik naik 4 hingga 5 persen.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

“Kami sudah mempersiapkan antisipasi kenaikan penumpang pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini,” jelas Fattah Jasin Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur di Pamekasan, Minggu (12/5/2019).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Meski ada kenaikan jumlah pemudik tutur Fattah Jasin, semua operator, seperti Angkasa Pura, Pelabuhan Tanjung Perak dan PT KAI, sudah melakukan antisipasi terhadap prediksi kenaikan penumpang pada musim mudik dan balik Lebaran tahun ini. Antisipasi itu juga dilakukan pengusaha bus, baik bus angkutan antarkota dalam provinsi, maupun bus antarkota antarprovinsi.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Salah satu yang dipersiapkan pemerintah adalah tempat peristirahatan bagi para pemudik. Tempat peristirahatan tersebut dibangun pengusaha jalan tol dan Pemerintah terutama di Jalan Nasional.

“Kalau di jalan nasional, Balai Pengelola Jalan Nasional wilayah Jawa Timur juga sudah mempersiapkan rest area di beberapa titik,” ulasnya.

Menurut Fattah Jasin, Dishub Jatim sendiri telah menyiapkan 26 rest area di terminal B di Jawa Timur, termasuk rest area di sepanjang jalan nasional di Pulau Madura, mulai dari Kabupaten Bangkalan hingga di Kabupaten Sumenep.

Kadishub Jatim juga meminta, agar para kepala daerah di Jawa Timur termasuk kepala daerah di empat kabupaten di Pulau Madura, melakukan persiapkan secara maksimal, guna menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya selama musim mudik dan balik Lebaran.(sbr/ss/ant)