antara

RADJAWARTA : Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama belum mengumumkan kapan dimulainya menjalankan Ibadah Puasa. Namun, bagi jamaah Tarekat Naqshabandiyah Suray Baitu Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang Jum’at malam sudah menjalankan ibadah Sholat Taraweh.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Dengan dilaksanakannya Ibadah Sholat Taraweh pada Jumat Malam (3/4) itu artinya Jamaah Naqshabandiyah akan menjalankan Ibadah Puasa pada hari Sabtu (4/5).

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Pelaksanaan salat tarawih di Surau Baitul Makmur yang berada 15 kilometer dari Kota Padang dimulai sejak selepas salat isya pukul 20.00 WIB dengan khidmat dan khusyuk. Jamaah yang melaksanakan Sholat Taraweh ini jumlahnya puluhan jamaah.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Seperti yang terlihat media setempat, salat tarawih berjamaah dilakukan sebanyak 20 rakat dengan salam setiap dua rakaat dan dilanjutkan dengan salat witir tiga rakaat.

Kepada pewarta Mursyid Jamaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo menyampaikan alasannya kenapa jamaah yang dipimpinya melaksanakan Sholat Taraweh mendahului keputusan Kementerian Agama.

Menurutnya, berdasarkan penghitungan yang dilakukannya 1 Ramadan 1440 Hijriah bertepatan dengan 4 Mei 2019 sehingga pada Jumat malam telah melaksanakan salat tarawih.

Ia menjelaskan cara melakukan penetapan awal Ramadan dilakukan dengan melihat bulan yang dilakukan sejak bulan Rajab dan Syaban.

“Kami menggunakan metode hisab Munjid, dasarnya sejak tahun 16 Hijriah. Jadi pada malam ke-8, ke-15 dan ke-22 bulan Rajab kami sudah melihat bulan,” ujarnya.

Ia memastikan pada Sabtu 4 Mei 2019 seluruh jamaah Tarekat Naqshabandiyah mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah.

Ia menyebutkan di Padang terdapat puluhan masjid dan musala yang menjadi pusat peribadatan Jamaah Tarekat Naqshabandiyah.
Masjid dan musala tersebut tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan. (sbr/Indo/pos)