Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Syekh Essam Bin Abed Al-Thaqafi menegaskan, pembatalan Jamaah Haji Indonesia 2021 tidak ada hubungannya dengan isu yang berkembang di media massa.

Beberapa isu yang sangat santer berkembang di khalayak diantaranya, pembatalan keberangkatan Jamaah Haji Indonesia Tahun ini disebabkan karena, hubungan Diplomasi Indonesia-Arab Saudi bermasalah, persyaratan penggunaan merk dan produsen vaksin tertentu.

Yang jelas ungkap Syekh Essem, bahwa beberapa Isu yang belakangan santer di Khalayak, semuanya tidak benar. Sebab tuturnya, hingga saat ini Arab Saudi belum mengirim undangan pelaksanaan Haji ke semua Negara termasuk Indonesia.

Alasan utama Arab Saudi hingga saat ini belum mengirim undangan ke semua negara, semata karena pertimbangan Pandemi Covid-19.

Pernyataan tegas Syekh Essem tersebut, diungkapnya tatkala dirinya berkunjung ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kunjungan Syekh Essem ke MUI bertujuan menjalin kerjasama dengan MUI. Rencana kerjasama itu meliputi, kerjasama di bidang Ukhuwah, dakwah, dan sebagainya. Orientasinya penguatan Islam Wasathiyah di kawasan Arab Saudi, Indonesia, maupun dunia internasional.

Kunjungan Syekh Essem ke MUI disambut Ketua Umum MUI KH. Miftachul Akhyar, Waketum MUI KH. Marsudi Syuhud, Sekretaris Jenderal MUI Buya Amirsyah Tambunan.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH. Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi KH. Abdullah Jaidi, dan Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim.

SumberBerita

Print Friendly, PDF & Email