okezone

RAJAWARTA : Berbagai saran, masukan dan himbauan dari berbagai pihak agar terhindar dari macet saat arus balik lebaran. Tidak mau ketinggalan Kapolri Tito Karnavian juga memberikan saran atau tips agar terhindar dari kemacetan saat arus balik.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Berikut 4 tips Kapolri agar terhindar dari kemacetan saat mudik/balik lebaran :

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

1. Pulang Lebih Awal : Bagi para pemudik atau masyarakat yang ingin melakukan perjalanan balik ke Kabupaten/kota tujuan tujuan usai menunaikan Idul Fitri di Kampung Halaman, disarankan untuk balik lebih awal. Dengan mengambil tips pulang lebih awal diyakini bisa terhindar dari kemacetan.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

2. Pantau Media Sosial : untuk mengikuti perkembangan arus balik, para pemudik yang ingin kembali ke Kabupaten/Kota tujuang disarankan agar masyarakat memantau perkembangan arus lalu lintas melalui media sosial ((medsos). Melalui medsos masyarakat bisa mencari informasi titik-titik kemacetan, bahkan informasi tentang kecelakaan.

3. Aplikasi Penunjuk Jalan : selain bisa memantau perkembangan lalu lintas via medsos, masyarakat juga diminta untuk melihat perkembangan arus balik melalui aplikasi penunjuk jalan seperti google map.

4. Manfaatkan Cuti : bagi masyarakat yang bekerja sebagai karyawan atau pekerja yang bisa minta cuti di hari libur tambahan kepada perusahaannya disarankan kembali ke kab/kota tujuan lebih lambat untuk menghindari puncak arus balik. (sbr/ant)