RAJAWARTA : Tanggal 26 September 1960 merupakan Hari Lahir Karang Taruna yang sering dikenal dengan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT). Di Tahun 2019 ini Karang Taruna Kota Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggara rangkaian acara BBKT ke 59 Tahun 2019.

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Sebagai acara pembuka rangkaian acara BBKT ke 59 Karang Taruna Kota Surabaya menyelenggarakan acara “Jagongan Bareng Karang Taruna Se-Surabaya” bersama organisasi dan komunitas pemuda yang ada di Surabaya.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Rangkaian acara dibuka mulai kemarin malam (26/10/19) di Balai Kota Surabaya. Febryan Kiswanto, ketua panitia acara BBKT 2019 menjelaskan bahwa acara BBKT ke 59 dilaksanakan bulan Oktober sampai Desember 2019. Setelah pembukaan acara kemarin malam akan dilanjutkan serangkaian lomba-lomba dan bakti sosial yang akan dilaksanakan pada bulan November dan puncaknya adalah “Karang Taruna Fest” pada bulan Desember.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Bulan Oktober dipilih sebagai pembuka rangkaian acara BBKT Tahun 2019 karena momen Sumpah Pemuda, semoga hal tersebut menjadi semangat tersendiri bagi Karang Taruna khususnya pemuda di Kota Surabaya.

Melalui momentum ini, Pengurus Karang Taruna Kota Surabaya ingin menampik anggapan bahwa Karang Taruna identik dengan bulan Agustus semata. Mereka seringkali muncul dan ada ketika bulan Agustus. Saat lomba perayaan kemerdekaan dimulai barisan pemuda muncul dengan kekompakannya namun begitu perlombaan usai, usai pula tugas Karang Taruna. Kegiatan Karang Taruna yang hanya di bulan Agustus seolah mebuat Karang Taruna hanya menjadi pelengkap sebagai panitia Agustusan.

Fuad Bernardi, Ketua Forum Pengurus Karang Taruna (FPKT) Kota Surabaya dalam sambutannya berharap, Karang Taruna bisa menjadi rujukan utama bagi pemuda untuk senantiasa menjadi generasi muda yang aktif, kreatif dan kontributif. Karang Taruna sejatinya harus bisa menjadi solusi atas masalah-masalah sosial di tengah masyarakat.

Pria lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga menambahkan bahwa Karang Taruna adalah tempat yang cocok bagi grenerasi millennial untuk mengembangkan potensi yang ada, khususnya di bidang start up, karena kami ada gerakan Usaha Ekonomi Produktif dan Kreatif yang nanti akan ditampilkan dalam Kartar Fest di Jalan Tunjungan.

Kegiatan Jagongan bareng Karang Taruna Kota Surabaya tadi malam juga mengundang beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) dan komunitas anak muda yang ada di Surabaya. Beberapa perwakilan tampak memberikan ucapan selamat atas Hari jadi Karang Taruna. Acara kemarin malam juga dijadikan sebagai ajang silahturahmi pemuda se Surabaya. (÷×+)