RADJAWARTA : Pelantikan Faoniah Djaohar Kasuba sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasiona Daerah (Dekranasda) Propinsi Maluku Utara dihadiri Iriana Joko Widodo. Acara pelantikan diselenggarakan di ruang Cinderamata, Istana Negara, Jakarta (10/5).

Ini berita bagus : 7 bacakada Jatim dapat rekomendasi PDIP

Sedangkan yang melantik Ketua Dekranasda Maluku Utara Periode 2019-2024 adalah Mufidah Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Dekranas. Pelantikan Faoniah Djaohar Kasuba ini sudah sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Nomor 17/DEKRAN/SK/V/2019 tanggal 9 Mei 2019.

Video pilihan untuk Anda : Pak Menteri Tanggapi Penanganan covid 19 Kota Surabaya

Pelantikan Faoniah Djaohar Kasuba kali ini adalah kali kedua, setelah sebelumnya ia menjabat Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Utara pada periode 2014-2019.

Video Pilihan Untuk Anda : Jatim dan Surabaya saling Tuding Terkait Data covid 19

Dalam sambutannya, Mufidah mengatakan, sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Maluku Utara kali kedua, Faoniah akan melanjutkan kembali tugas mulia untuk membina dan mengembangkan produk kerajinan di Provinsi Maluku Utara.

“Oleh karena itu saya berharap agar Ibu Faoniah segera menyusun kepengurusan periode masa jabatan tahun 2019-2024, menyusun program kegiatannya. Tentunya dalam menyusun program kegiatan tersebut harus tetap mengacu pada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Dekranas serta situasi dan kondisi di daerah setempat,” ujar Ibu Mufidah dalam sambutannya.

Sinergitas dan koordinasi antara Dekranas dan Dekranasda Provinsi maupun Dekranasda Kabupaten/Kota, menurut Ibu Mufidah sangat perlu dilakukan agar hasil pembinaan kepada perajin dapat maksimal.

“Dengan demikian, upaya kita semua dapat dirasakan oleh para perajin dalam meningkatkan daya saingnya yang pada gilirannya lembaga Dekranas maupun Dekranasda menjadi lembaga yang handal dalam keikutsertaannya menyejahterakan para perajin,” katanya.

Sebelumnya, pasangan gubernur dan wakil gubernur Maluku Utara terpilih, Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Setelah resmi dilantik, Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali akan mengemban amanah untuk masa jabatan tahun 2019-2024. (rr)